Apa Itu Konsolidasi Utang? Intip Ulasannya di Sini

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Kamis 28 Januari 2021 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 28 622 2352265 apa-itu-konsolidasi-utang-intip-ulasannya-di-sini-sfxSYwZlB4.jpg Personal Finance (Shutterstock)

JAKARTA – Seseorang yang memiliki utang tentunya ingin melunasinya dengan mudah. Banyak cara perlu dipikirkan untuk dipilih, salah satunya dengan konsolidasi utang.

Konsolidasi utang dapat memudahkan seseorang dalam melakukan pelunasan utang. Dengan cara ini, utang bisa lebih mudah dilunasi.

Dilansir dari The Balance, Jakarta, Kamis (28/1/2021), telah kami rangkum beberapa informasi mengenai konsolidasi utang yang dapat memudahkan seseorang dalam membayar utang-utangnya.

 Baca juga: Vaksinasi Pertengahan Februari, Masyarakat Diharap Lebih Pede Jor-joran Belanja

1. Apa itu Konsolidasi Utang?

Konsolidasi utang adalah menggabungkan beberapa utang menjadi satu pembayaran bulanan dengan melunasinya dengan kartu kredit atau jenis pinjaman lain.

Metode ini menggunakan satu pinjaman atau kartu kredit untuk melunasi beberapa pinjaman atau kartu kredit sehingga dapat mempermudah pembayaran utang.

Dengan satu saldo daripada banyak, akan lebih mudah untuk melunasi utang dan dalam beberapa kasus bisa mengamankan suku bunga yang lebih rendah dari pemberi pinjaman.

 Baca juga: Gaji Dipotong Gegara Covid-19, Ini Siasat agar Kantong Tak Jebol

2. Bagaimana Konsolidasi Utang Bekerja?

Ketika memiliki beberapa saldo kartu kredit dan pinjaman kecil dengan tingkat bunga dan pembayaran bulanan yang berbeda, seperti:

· Kartu kredit A: USD3.500, 24,90% APR

· Kartu kredit B: USD2.500, 18,90% APR

· Kartu kredit C: USD1.500, 12.00% APR

Daripada membayar saldo ini satu per satu, seseorang dapat menggabungkan ketiga saldo dengan satu pinjaman yang memerlukan satu pembayaran, bukan tiga.

Misalnya, jika menggabungkan saldo ini menjadi pinjaman $ 7.500 dengan APR 7,00% dan melunasi pinjaman dalam empat tahun, pembayaran bunga akan sebesar $ 1.120.80. Sebagai perbandingan, jika melakukan pembayaran minimum bulanan 4% untuk setiap kartu, dibutuhkan lebih dari $ 5.440 pembayaran bunga dan 12 tahun untuk melunasi hutang.

3. Apakah Perlu Uang untuk Mengonsolidasi Utang?

Seseorang mungkin harus membayar biaya tambahan tergantung pada metode konsolidasi hutang yang dipilih. Beberapa biaya tipikal meliputi:

· Saldo biaya transfer untuk kartu kredit (biasanya 3% -5%)

· Biaya awal untuk pinjaman pribadi yang digunakan untuk konsolidasi hutang

· Menutup biaya untuk pinjaman terkait hipotek dan jalur kredit

Cara terbaik untuk menemukan pinjaman atau jalur kredit dengan tarif terendah adalah mendapatkan penawaran dari beberapa pemberi pinjaman dan membandingkan biayanya. Dari situ nantinya akan menemukan bahwa beberapa pemberi pinjaman yang menawarkan pinjaman pribadi untuk konsolidasi utang, misalnya, tidak memungut biaya apapun sementara yang lain mengenakan biaya keterlambatan dan biaya origination.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini