BNI Akan Dirikan BNI Sekuritas di Singapura Tahun Ini

Hafid Fuad, Jurnalis · Jum'at 29 Januari 2021 21:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 29 278 2353292 bni-akan-dirikan-bni-sekuritas-di-singapura-tahun-ini-cWiXIMaIC8.jpg BNI Akan Dirikan BNI Sekuritas (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) siap menggenjot kontribusi anak usahanya tahun ini. Salah satunya untuk dengan rencana mendirikan kantor BNI Sekuritas di Singapura.

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar mengatakan, rencana kantor BNI Sekuritas di Singapura demi melayani kebutuhan nasabah korporasi yang mengimpun pendanaan melalui pasar modal, terutama dengan target investor mancanegara.

"Kami tidak memiliki akuisisi perusahaan lain dalam jangka pendek. Dalam rencana di 2021 kami menempatkan prioritas optimalkan perusahaan anak. Kini kami sedang matangkan pendirian BNI Sekuritas di Singapura untuk solusi nasabah korporasi," kata Royke, dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (29/1/2021).

Sekretaris Perusahaan BNI Sekuritas Dedi Arianto mengaku pihaknya harus memiliki kantor di Singapura. Ini krusial untuk memperkuat dan mendukung bisnis BNI sebagai Global Bank. Tujuannya agar juga bisa memberikan layanan capital market services ke nasabah-nasabah BNI.

"Target secepatnya kami punya kantor di sana. Sekarang masih tahap finalisasi administrasi dengan Otoritas Moneter Singapura," ujar Dedi dihubungi terpisah.

BNI Sekuritas didirikan pada tanggal 12 April 1995. Dalam situs perusahaan, pada awal pendiriannya, 99,85% saham PT BNI Sekuritas dimiliki oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk dan sisanya sebesar 0,15% oleh Koperasi Karyawan.

BNI Sekuritas bergerak di bidang pasar modal yang meliputi perdagangan saham, perdagangan surat utang, investment banking dan assets management dengan nomor Izin Usaha Perusahaan Efek.

Pada pertengahan tahun 2011, struktur kepemilikan BNI Sekuritas diperkuat dengan bergabungnya investor strategis, yakni SBI Securities Co., Ltd, Jepang untuk turut memiliki saham perseroan, sehingga komposisi kepemilikan saham BNI Sekuritas sampai dengan saat ini adalah 75% dimiliki oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. dan 25% dimiliki oleh SBI Securities Co., Ltd. Pada tahun 2014 terdapat pengalihan kepemilikan saham dari SBI Securities Co. Ltd. kepada SBI Financial Services Co., LTD. Sejalan dengan perkembangan dan peraturan pasar modal, pada tahun yang sama, BNI Sekuritas membentuk anak perusahaan berbadan hukum, yakni PT BNI Asset Management.

Sebagai perusahaan yang telah terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK), BNI Sekuritas memiliki izin sebagai penyedia jasa penjamin emisi efek, perantara pedagang efek, serta agen penjual reksadana.

PT BNI Securities memiliki izin usaha dibidang penjamin emisi efek dengan Nomor : KEP-20/PM/1995 dan perubahan penggunaan izin usaha perusahaan efek sebagai penjamin emisi efek atas nama PT BNI Securities menjadi izin usaha atas nama PT BNI Sekuritas dengan Nomor: KEP-20/PM.2/2017

.

PT BNI Securities memiliki izin usaha dibidang perantara pedagang efek KEP-19/PM/1995 dan perubahan penggunaan izin usaha perusahaan efek sebagai perantara pedagang efek atas nama PT BNI Securities menjadi izin usaha atas nama PT BNI Sekuritas dengan Nomor : KEP-21/PM.2/2017.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini