LPS Bayar Klaim Nasabah BPR Brata Nusantara Rp7,2 Miliar

Rina Anggraeni, Jurnalis · Jum'at 29 Januari 2021 11:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 29 320 2352872 lps-bayar-klaim-nasabah-bpr-brata-nusantara-rp7-2-miliar-xNkQQFe7vb.jpeg Uang Rupiah. Foto: Ilustrasi Shutterstock

BANDUNG - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) melakukan proses pembayaran klaim simpanan dan likuidasi PT BPR Brata Nusantara, Kabupaten Bandung.

Adapun, proses pembayaran klaim dan likuidasi dilakukan setelah izin usaha PT BPR Brata Nusantara dicabut oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tanggal 30 September 2020.

Baca Juga: Alasan Bunga Penjaminan LPS Tetap 4,5%

Direktur Eksekutif Klaim dan Resolusi Bank LPS Suwandi mengatakan hingga saat ini pembayaran klaim nasabah BPR sudah mencapai 95% atau sekitar Rp7,2 miliar dari total yang harus dibayarkan Rp7,3 miliar.

"Total nasabahnya ada 1234 dan 417 jumlah rekening. Jadi total yang kita klaim Rp7,3 miliar dan nasabah baru ngambil 7,2 miliar dimana baru mencapi 95%klaimnya," ujar Suwandi di Bandung, Jumat (29/1/2021).

Baca Juga: LPS Tahan Suku Bunga Penjamin Simpanan di Level 4,5%

Kata dia, LPS memberikan keleluasaan nasabah usai BPR Brata Nusantara dilikuidasi pada 30 September 2020. Nantinya pembayaran klaim ini akan dilakukan secara bertahap.

"Kita melakukan rekonsiliasi di mana simpanan yang sudah bayar apa belum memang bertahap dan kita umumkan lagi hasil pengumuman itu nasabah yang layak bayar," katanya.

Dia pun menunjuk Bank Mandiri sebagai mitra dalam pembayaran klaim Brata Nusantara. Pembayaran nasabah ini sudah dengan data yang akurat dan terverifikasi. "Kita sudah kerjasama sama dimana bank mandiri juru bayar yang kita drop duitnya di situ kita sudah berikan data nasabah yang layak dibayar," tandasnya.

Sebagai informasi, LPS mengambil alih dan menjalankan segala hak dan wewenang pemegang saham, termasuk hak dan wewenang RUPS bank.

Selanjutnya, hal-hal yang berkaitan dengan pembubaran badan hukum dan proses likuidasi PT BPR Brata Nusantara akan diselesaikan oleh Tim Likuidasi yang dibentuk LPS. Pengawasan pelaksanaan likuidasi PT BPR Brata Nusantara dilakukan oleh LPS.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini