Ketika Erick Thohir Geram Banyak Hoax Vaksin Covid-19

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Sabtu 30 Januari 2021 06:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 29 320 2353113 ketika-erick-thohir-geram-banyak-hoax-vaksin-covid-19-3Y4ubIXK1y.jpg Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Okezone.com/BUMN)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menanggapi sejumlah berita hoax terkait Vaksin Covid-19 yang beredar luas di sosial media. Erick mengaku geram terhadap informasi menyesatkan itu.

Erick mengatakan, akhir-akhir ini masyarakat disuguhkan banyak berita palsu soal vaksin Covid-19. Informasi yang tidak sesuai fakta dan data sudah menjadi realitas saat ini.

Sebelumnya, sempat beredar video di media sosial berdurasi 2:04 menit, menampilkan cuplikan video penjelasan Erick Thohir, beserta potongan video lainnya, yang mengklaim bahwa vaksin Covid-19 memiliki komponen yang bisa melacak lokasi orang yang telah disuntik vaksin. Namun, faktanya informasi dalam video tersebut adalah tidak benar.

"Pak Johnny Plate (Menkominfo) sudah menjelaskan, pada realitanya kita memang (dapat) pemberitaan yang disambung-sambungkan dengan berita yang tidak benar, waktu itu video yang disambungkan dengan statement (saya) dari beberapa statement dari negara lain," ujarnya.

Erick membantah, kabar yang menyebutkan adanya chip di dalam vaksin Covid-19. Menurutnya, penggunaan barcode pada kemasan vaksin tersebut hanya untuk mempermudah sistem distribusinya.

Baca Selengkapnya: Geram soal Hoax Vaksin Covid-19, Erick Thohir: Tak Ada Niat Pembohongan Publik

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini