Bingung Pilih Warna, Berikut 6 Tips Mencari Cat Interior yang Tepat

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Jum'at 29 Januari 2021 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 29 470 2352921 bingung-pilih-warna-berikut-6-tips-mencari-cat-interior-yang-tepat-TM13YrvsjY.jpg Cat Rumah. (Foto: Okezone.com/Diynetwork)

JAKARTA - Pemilihan warna cat untuk interior rumah dapat menciptakan kesan dan suasana berbeda-beda. Jika penataan warnanya tidak tepat, penghuni bisa merasa tertekan dan jenuh.

Oleh karena itu, kehati-hatian sangat diperlukan dalam hal memilih warna cat dinding. Namun banyak orang yang masih bingung memilih warna cat yang akan digunakan pada rumahnya.

Salah satu cara mudah untuk menentukan warna cat interior adalah dengan menggunakan warna favorit. Masih banyak juga cara lainnya, seperti dilansir dari The Spruce, Jumat (29/1/2021) berikut tips memilih warna cat interior rumah.

1. Temukan Inspirasi Warna Cat

Majalah dan katalog selalu menjadi tempat mencari inspirasi dekorasi. Bisa juga mencari inspirasi melalui situs di internet.

Seperti situs perusahaan cat, biasanya juga menunjukkan cara menggunakan warna di rumah. Situs media sosial seperti Pinterest dan Instagram menawarkan inspirasi warna yang diperbarui setiap waktunya.

Baca Juga: Cara Mudah Cat Ulang Dinding yang Memudar dan Rusak

2. Berkreasi Dengan Warna Cat Netral

Warna netral akan selalu menjadi pilihan untuk cat rumah. Warna ini juga dapat digabung dan dikreasikan dengan warna lain.

Dinding bergaris dengan warna netral menambahkan banyak gaya tetapi tetap membuat ruangan terlihat santai. Warna dinding netral dengan langit-langit pastel juga bisa menjadi salah satu pilihan cerdas untuk membuat ruangan sejuk.

3. Cocokkan dengan Warna Kain

Salah satu cara termudah untuk memilih warna cat interior adalah mulai menyesuaikan dengan barang berkain yang ada di rumah. Seperti bantal, sprei tempat tidur, dan bahkan linen meja.

Baca Juga: 4 Tren Warna Properti 2021, Tertarik yang Mana

Jika ingin memilih warna cat untuk ruangan yang lebih besar, perhatikan warna pada detail barang berkain terkecil. Bawalah sampel kain ke toko cat sehingga dapat memilih strip cat untuk dilihat di rumah.

4. Cari Ide di Luar

Membawa tampilan luar ke dalam rumah adalah inspirasi populer untuk skema warna. Bisa menggunakan warna dedaunan hijau atau biru pantai. Skema warna yang terinspirasi dari eksterior dimaksudkan untuk menciptakan ruangan yang tenang dan santai. Jika memilih menggunakan lanskap sebagai inspirasi, ketahui dan sesuaikan dengan ruangan yang ada.

5. Temukan Warna Cat dalam Karya Seni

Rahasia seorang desainer interior adalah memilih warna dari karya seni di rumah. Sebagian besar seniman adalah ahli warna dan cahaya, menciptakan skema warna untuk karya mereka.

Jika ingin menentukan cat rumah bisa mengambil skema warna dari hiasan karya seni yang dipajang. Misalya warna pada guci, lukisan, atau patung.

6. Coba Shade yang Lebih Terang atau Lebih Gelap

Terkadang yang dibutuhkan hanyalah sedikit penyesuaian untuk menemukan warna cat interior yang tepat. Jangan terburu-buru memilih warna cat.

Pertimbangkan warna yang lebih terang atau lebih gelap dari warna yang sama. Banyak warna cat muncul pada strip cat dalam corak bertahap dari warna paling gelap dan paling terang. Oleh karena itu dapat meminta toko cat untuk menyesuaikannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini