Melihat Potensi Investasi Sektor Properti di Tengah Covid-19

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 29 Januari 2021 20:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 29 470 2353246 melihat-potensi-investasi-sektor-properti-di-tengah-covid-19-FCGZBe39EL.jpg Investasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pandemi virus corona yang terjadi hampir satu tahun ternyata memiliki peluang bagi industri properti. Terutama peluang besar ada pada investor domestik.

Head of Advisory Services Colliers International Indonesia Monica Koesnovagril mengatakan, seiring dengan perlambatan ekonomi global, pasar investasi kini sangat bergantung pada investor domestik. Hal ini terlihat dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) yang memiliki porsi 51% di kuartal III-2020.

“Seiring dengan perlambatan ekonomi global, pasar investasi Indonesia sangat bergantung pada investor domestik, baik dari segi nilai maupun jumlah proyek. Dominasi PMDN ini semakin menguat pada Q3 2020 yang mencapai sekitar 51%, berdasarkan data dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM),” ujarnya dalam keterangannya kepada MNC Portal Indonesia, Jumat (29/1/2021).

Menurut Monica, terlepas dari peran pemerintah yang dapat membantu meningkatkan jumlah modal untuk diarahkan ke aset properti, banyak investor yang menginginkan peluang untuk berinvestasi di pasar properti publik. Hal Ini dapat menjadi alternatif yang akan membawa peluang baru bagi investor dalam menempatkan modalnya.

Apalagi dengan terbentuknya Dana Investasi Real Estat (DIRE). DIRE menawarkan peluang besar bagi publik untuk berinvestasi dalam institusi real estat yang lebih besar di mana mereka dapat membeli saham gedung-gedung besar atau portofolio dari jenis aset institusional yang lebih besar

“Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan dalam negeri masih memiliki kepercayaan untuk berinvestasi di Indonesia. Oleh karena itu, kami melihat bahwa untuk saat ini investasi dalam negeri memiliki porsi yang lebih signifikan, hingga dua atau tiga tahun ke depan,” jelasnya.

Sementara itu, Head of Capital Markets & Investment Services of Colliers International Indonesia Steve Atherton mengatakan peluang bagi investor domestik terbuka lebar menyusul perlambatan yang terjadi pada ekonomi global. Apalagi, adanya pembatasan ini juga menjadi tantangan tantangan bagi pembuat keputusan khususnya pihak asing asing untuk mengunjungi dan bertemu klien secara langsung serta melakukan inspeksi lokasi.

“Pengembang dengan bisnis yang lebih mapan dan memiliki tim lokal, besar kemungkinan akan memulai proyek baru,” ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini