Renovasi Gedung Sarinah, Estetika Bangunan Diperhatikan

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Minggu 31 Januari 2021 06:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 30 470 2353552 renovasi-gedung-sarinah-estetika-bangunan-diperhatikan-fCNCQ2tonW.jpg Menteri Basuki Tinjau Renovasi Gedung Sarinah. (Foto: Okezone.com/PUPR)

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meminta renovasi Gedung Sarinah dilakukan dengan lebih baik. Dia berpesan agar diperhatikan kualitas pondasi dan tiang gedung lama dalam pekerjaan renovasi untuk menjamin keamanan bangunan.

"Agar juga lebih diperhatikan hasil estetika bangunannya," pesan Basuki.

Gedung Sarinah akan mengubah konsep desain menara dan podium kepada bentuk aslinya sebagai bentuk transformasi. Sementara secara fungsi, gedung tersebut dirancang sebagai smart dan green building (gedung pintar dan hijau) yang dilengkapi dengan area berkumpul dan penyediaan co-working space yang modern.

Direktur Operasi III PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau WIKA Rochadi mengatakan bahwa sebelum direnovasi, pihak kontraktor telah menggandeng tim independen dari beberapa tenaga ahli untuk memastikan konstruksi ini layak dikembangkan.

Dia menjelaskan, terlebih dahulu dilakukan pengujian struktur bangunan yang mengacu kepada SNI terbaru, baru kemudian masuk tahap renovasi/rekondisi. Dalam pekerjaan di lapangan ada beberapa perkuatan, baik itu pondasi maupun struktur kolom penyangga.

Baca Selengkapnya: Menteri Basuki Minta Renovasi Gedung Sarinah Perhatikan Estetika Bangunan

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini