Lantik 31 Pejabat KESDM, Menteri Arifin Singgung Smelter hingga Mobil Listrik

Oktiani Endarwati, Jurnalis · Senin 01 Februari 2021 15:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 01 320 2354501 lantik-31-pejabat-kesdm-menteri-arifin-singgung-smelter-hingga-mobil-listrik-pj1raug131.jpg Sektor Migas (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif melantik 31 orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Kementerian ESDM.

Dalam sambutannya, Arifin menyampaikan bahwa pelantikan dan rotasi jabatan ini dilakukan dalam rangka penataan dan penyegaran organisasi di Kementerian ESDM. Selain itu juga untuk peningkatan kinerja organisasi serta percepatan program-program strategis Kementerian ESDM.

Baca Juga: Teknologi KESDM Perpanjang Umur Produksi Biji Timah hingga 12 Tahun

"Saat ini masih di awal tahun 2021, waktu yang tepat untuk melakukan evaluasi kinerja sektor energi dan sumber daya mineral, karena pengelolaan energi dan sumber daya mineral diharapkan menjadi penggerak dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat yang erat kaitannya dengan pertumbuhan ekonomi," ujar Arifin, Senin (1/2/2021).

Arifin melanjutkan, pada tahun 2021 ini Kementerian ESDM memiliki beberapa program strategis yang menjadi prioritas kebijakan di sektor ESDM. Di bidang migas, tahun ini pemerintah akan kembali membangun infrastruktur jaringan gas bumi untuk rumah tangga dan pembagian paket konverter kit BBM ke BBG untuk nelayan dan petani. Di bidang minerba, percepatan pembangunan smelter dan penyusunan kebijakan percepatan peningkatan nilai tambah batubara.

Baca Juga: Cadangan Migas Indonesia Hanya Tersisa 9,5 tahun Lagi, DEN: Ini Warning

Adapun di bidang ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), pemerintah akan memfokuskan ke pembangunan infrastruktur pembangkit listrik, transmisi listrik, gardu induk dan pengembangan smart grid. "Kita juga mendorong pemanfaatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai dan kompor induksi listrik," jelasnya

Sementara di bidang geologi, modernisasi peralatan sistem mitigasi bencana geologi dan pengembangan pusat informasi geologi akan menjadi perhatian utama Kementerian ESDM.

Arifin pun meminta kepada seluruh jajaran pimpinan sektor ESDM untuk terus meningkatkan kinerja dan sinergi serta membuat terobosan program dan kebijakan agar program strategis yang ditargetkan tahun ini dapat tercapai dengan baik.

"Saya minta kepada seluruh jajaran Kementerian ESDM untuk meningkatkan kinerja dan sinergi serta membuat terobosan, agar target program strategis tersebut dapat tercapai, karena kinerja Kementerian ESDM akan berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat," tegas Arifin.

Adapun 31 Pejabat Tinggi Pratama KESDM terdiri dari 25 (dua puluh lima) orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang mengalami rotasi, 1 (satu) orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama hasil Seleksi Terbuka, 1 (satu) orang Direktur Politeknik Energi dan Pertambangan Bandung, 1 (satu) orang pejabat fungsional Penyelidik Bumi Ahli Utama dan 3 (tiga) orang Pimpinan SKK Migas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini