Waspada, Ini 4 Tanda saat Pekerjaan Mulai Bahayakan Kesehatan

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Senin 01 Februari 2021 12:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 01 622 2354334 waspada-ini-4-tanda-saat-pekerjaan-mulai-bahayakan-kesehatan-2F6NVLjNWM.jpg Karyawan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Memiliki karier atau masa depan yang mapan dan bahagia tentu menjadi impian semua orang. Demi mewujudkannya, sebagian orang bahkan rela terus bekerja setiap hari tanpa sadar telah membahayakan kesehatannya sendiri.

Mengejar karier memang sah-sah saja bagi siapa pun. Tapi, jika sampai mengorbankan kesehatan, tentu hal ini hanya dapat menimbulkan hambatan pada kenaikan karier bukan? Maka penting untuk memastikan pekerjaan yang dilakukan tidak membahayakan kesehatan.

Baca Juga: 4 Tips agar Tubuh Tetap Fit Usai Kerja Shift

Dilansir dari laman Instagram Kementerian Ketenagakerjaan RI @kemnaker, Jakarta, Senin (1/2/2021), berikut ini beberapa tanda yang perlu diwaspadai ketika pekerjaan mulai membahayakan kesehatan.

1. Lupa Makan dan Tidur

Pekerjaan yang menumpuk kerap kali membuat pekerja melupakan jam makan dan tidurnya. Hal ini tentu sangat membahayakan kesehatan. Pasalnya, makan teratur dan tidur cukup merupakan dua hal penting bagi kesehatan tubuh. Selain dapat mengurangi produktivitas ini juga bisa berdampak pada penurunan kinerja kongnitif.

Baca Juga: 4 Keuntungan Pulang Kerja On Time

2. Selalu Lembur

Terkadang, pekerja harus bekerja lembur atau masuk lebih awal untuk menyelesaikan pekerjaan. Sejumlah penelitian mengatakan bahwa kebiasaan bekerja lembur dapat berisiko buruk bagi kesehatan. Bekerja dengan waktu yang lebih lama dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit seperti jantung, stroke, atau bahkan depresi.

3. Duduk Terlalu Lama

Duduk terlalu lama saat bekerja, dapat berisiko menyebabkan berbagai macam penyakit. Mulai dari penyakit jantung, diabetes, obesitas, hingga masalah otot. Penyebabnya adalah postur tubuh yang buruk akibat kursi yang tidak menopang tubuh dengan baik.

4. Terlalu Lama Berdiri

Sama seperti duduk terlalu lama, berdiri terlalu lama juga dapat menimbulkan masalah kesehatan. Ini bisa menyebabkan varises, sirkulasi yang buruk, pembengkakan pada kaki, kerusakan sendi, dan masalah peredaran darah

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini