Ancaman Cuaca Ekstrem, Menhub: Pilot Harus Tahu

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 02 Februari 2021 18:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 02 320 2355321 ancaman-cuaca-ekstrem-menhub-pilot-harus-tahu-U9TxGVEuTP.jpeg Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan pesan khusus kepada seluruh operator transportasi di Tanah Air. Mengingat, kemungkinan cuaca ekstrem yang masih akan terjadi dalam beberapa bulan ke depan.

Baca Juga: Kanada Cabut Larangan Penerbangan Boeing 737 MAX Mulai 20 Januari 2021

Menurut Budi, untuk transportasi laut harus tetap memantau kondisi cuaca. Begitu pun juga transportasi udara, perkiraan cuaca selama beberapa waktu ke depan bisa dijadikan sebagai referensi untuk menetapkan keberangkatan pesawat.

"Kita tahu di laut ada Asosiasi, ada pengelola pelabuhan harus terus memantau cuaca. Kita tahu di udara, Pilot harus tahu bagaimana informasi BMKG dan menyesuaikan flight plan yang dilakukan," ujarnya dalam acara Webinar 'Waspada Cuaca Ekstrem di Sektor Transportasi', Selasa (2/2/2021).

Baca Juga: Regulasi Industri Penerbangan Diminta Dibenahi untuk Hindari Kecelakaan

Sementara itu, di sektor transportasi darat dan kereta api juga perlu waspada. Khususnya untuk melakukan mitigasi pada titik-titik kecelakaan atau longsor akibat cuaca buruk.

"Di Darat dan KA informasi cuaca untuk mengantisipasi kecelakaan dan titik longsor di KA harus dimitigasi juga," jelasnya.

Sementara itu lanjut Budi, Kementerian Perhubungan juga akan melakukan bimbingan teknis terkait keselamatan transportasi. Diharapkan dengan upaya-upaya tersebut bisa meningkatkan kenyamanan, keamanan dan keselamatan pengguna transportasi.

"Tugas Kemenhub bagaimana kebijakan agar keselamatan transportasi dilakukan. Kita harus melakukan bimbingan teknis, kita harus melakukan supervisi atas keselamatan dan semua sektor komunikasi di berbagai sektor harus mengantisipasi kondisi ini agar kita bisa meningkatkan keselamatan, keamanan, kenyamanan dan juga untuk kenyamanan oleh pengguna," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini