Rumah Lebih Mudah Dibersihkan, Gunakan 5 Ide Desain Berikut Ini

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Selasa 02 Februari 2021 11:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 02 470 2354952 rumah-lebih-mudah-dibersihkan-gunakan-5-ide-desain-berikut-ini-HqjCOfWuRQ.jpg Tips Supaya Rumah Mudah Dibersihkan. (Foto: Okezone.com/CNBC)

JAKARTA - Memiliki rumah nyaman tentu menjadi impian semua orang. Oleh karena itu, aspek kebersihan menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan.

Namun, membersihkan rumah kerap kali menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Selain merancang rumah dengan selera gaya yang disukai, penting memilih dekorasi yang tepat.

Pasalnya, pemilihan dekorasi dan furnitur akan berdampak pada jumlah waktu yang dihabiskan untuk membersihkan rumah.

Baca Juga: Bingung Pilih Warna, Berikut 6 Tips Mencari Cat Interior yang Tepat

Dilansir dari Real Simple, Jakarta, Selasa (2/2/2021), jika menginginkan rumah dengan perawatan rendah dan lebih sedikit menghabiskan waktu pada rutinitas pembersihan, coba terapkan beberapa ide desain berikut ini.

1. Pilih Furnitur yang Tinggi

Saat berencana membeli sofa, meja, atau jenis furnitur lainnya, cari yang ditinggikan dengan kaki. Bahkan, lebih baik jika memilih lemari yang menempel langsung ke dinding.

Baca Juga: 4 Solusi Bagi Kamar Tidur yang Selalu Berantakan, Luangkan Waktu 30 Menit

Dengan cara ini, kegiatan vacuum (menyedot debu) dan menyapu lantai akan lebih mudah dilakukan. 

2. Pilih Meja yang Mudah Dibersihkan

Meja merupakan salah satu furnitur yang berpotensi lebih cepat kotor. Oleh karena itu, dapatkan bahan meja yang bisa mempermudah rutinitas pembersihan.

Sejumlah meja dapat dibersihkan dengan mudah menggunakan lap, sabun, dan air, serta tidak memerlukan perawatan berkelanjutan.

3. Pilih Cat yang Tepat

Jika memiliki anak kecil yang mungkin senang meninggalkan noda kotor atau menggambar dengan krayon pada dinding, maka hindari lapisan cat matte. Sebaliknya, pilih cat yang paling halus dan paling berkilau.

Pada permukaan yang mengkilap ini, kotoran biasanya akan lebih mudah dibersihkan.

4. Pilih Sofa yang Tahan Lama

Saat mencari sofa, pilih yang kulitnya mudah mudah untuk dibersihkan. Pastikan untuk segera membersihkan tumpahan pada sofa dan memperbaikinya setahun sekali.

Jika lebih menyukai sofa kain, cari yang memiliki perawatan anti noda atau serat mikro tahan noda. Pertimbangkan juga bahwa warna yang lebih gelap akan menyembunyikan noda dengan lebih baik.

5. Hindari Rak Terbuka

Rak terbuka memang memberi kesan elegan dan terlihat menarik. Tetapi, kenyataannya rak terbuka dapat menimbulkan banyak debu ekstra.

Untuk rutinitas pembersihan yang lebih cepat, tetap gunakan lemari kaca depan, sehingga pemilik rumah dapat tetap memamerkan barang-barang favoritnya sambil menjaganya tetap bebas debu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini