Share

Intip Persiapan 3 Menteri Jokowi Jadikan Maluku Lumbung Ikan Nasional

Taufik Fajar, Okezone · Jum'at 05 Februari 2021 18:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 05 320 2357250 intip-persiapan-3-menteri-jokowi-jadikan-maluku-lumbung-ikan-nasional-ShNbI0LDtN.jpg Ikan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah berencana menjadikan Maluku sebagai lumbung ikan nasional (LIN). Maka itu, salah satu wilayah yang berada di Ambon akan dipilih untuk dibangunkan kawasan terpadu pelabuhan perikanan.

Keseriusan pemerintah itu, dengan adanya kunjungan kerja ke Malaku, yakni Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Keluatan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono.

Menurut Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, untuk merealisasikan program yang telah dicanangkan Presiden Joko Widodo sejak 2014, pemerintah akan investasi langsung ke lokasi tersebut.

"Atas arahan bapak Presiden Jokowi kami mempersiapkan Maluku sebagai lumbung ikan nasional. Kami juga ke Maluku untuk melakukan sosialisasi terhadap persiapan-persiapan infrastruktur baik dari pelabuhan maupun perikanan industri," ujar dia dalam konfrensi pers secara virtual, Jumat (5/2/2021).

Baca Juga: Lumbung Ikan Nasional Akan Jadi Pusat Ekonomi Baru 

Dia menjelaskan Investasi tersebut dikatakan akan murni bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk membangun infrastruktur dasar. Walaupun, belum ada angka pasti untuk kebutuhan anggarannya.

"Jadi tidak ada cara lain bagi kami yang urus investasi bahwa Maluku harus didorong sebagai kawasan pertumbuhan ekonomi baru," ungkap dia.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

Kemudian, kata Bahlil, setelah berbagai infrastruktur dasar terbangun, seperti pelabuhan perikanan dan kawasan industri. Pihaknya ingin pengelolaannya nanti akan sepenuhnya diserahkan kepada pihak swasta.

"Infrastruktur dari newport maupun pelabuhan perikanan dan kawasan perindustrian. Maka itu ini pola kerja sama antara investasi nanti yang dikelola swasta murni," jelasnya.

Bahlil menambahkan untuk seluruh infrastruktur dasar, khususnya pelabuhan dan infrastruktur dasar lainnya akan terbangun pada 2023. Hal ini sesuai arahan Presiden Jokowi.

"Dan untuk proses perizinannya, kami pastikan pemerintah pusat, khususnya BKPM akan membantu secara penuh. Maka itu kami, berharap percepatan industri itu bisa terealisasi," tandas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini