6 Cara agar Kaya Raya di Hari Tua, Jangan Sia-siakan Usia 20-an Tahun

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Minggu 07 Februari 2021 15:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 07 622 2357966 6-cara-agar-kaya-raya-di-hari-tua-jangan-sia-siakan-usia-20-an-tahun-caw7azpkiZ.jpg Rupiah (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menjadi kaya raya di masa tua merupakan impian semua orang. Namun tak bisa dipungkiri untuk mewujudkan jadi kaya raya semua perlu niat dan strategi yang tepat.

Mulai dari tantangan godaan pengeluaran berlebih, hingga menggunakan strategi yang salah dapat menghambat pencapaian tujuan finansial.

Dikutip dari buku Kiat Cerdas Mencapai Kebebasan Finansial karya Ega Almira Shae, Minggu (7/2/2021) ini tips yang bisa diterapkan untuk mencapai tujuan finansial.

Baca Juga: 6 Langkah Mudah Bikin Anggaran Keuangan 

Pertama, lunasi semua utang. Untuk bisa mewujudkan tujuan finansial, tentunya harus menyelesaikan permasalahan yang menghambat. Salah satunya utang. Pastinya tidak ingin sampai di masa tua hidup atau gerak terbatas sebab utang yang menumpuk. Maka itu harus agresif dalam melunasi utang. Hindari sebab-sebab yang bisa menjerumuskan pada munculnya utang baru.

Kedua, cari penghasilan sebanyak mungkin. Jika masih dalam usia produktif, antara 20-30 tahun, saatnya untuk bekerja keras mengumpulkan pundi-pundi uang. Hal ini tentu saja untuk kesejahteraan di masa tua mendatang. Jangan hanya bergantung pada gaji bulanan yang didapat, tetapi coba mulai untuk memulai bisnis sampingan atau menjadi freelancer.

Ketiga, mulai lakukan investasi. Tentunya sebagian orang tidak ingin aset yang sudah dikumpulkan akan tergerus begitu saja oleh inflasi setiap tahunnya. Untuk mencegah hal tersebut, mulai lakukan investasi. Secara langsung mempersiapkan pendapatan pasif untuk membangun kekayaan.

Keempat, atur kredit. Hilangkan kebiasaan menumpuk utang kartu kredit, demi keuangan yang stabil di masa depan. Seperti yang diketahui, kualitas kredit akan dicatat oleh pihak bank dan akan dibutuhkan pada saat pengajuan dan aplikasi pekerjaan. Oleh karena itu semakin cepat mengatur kredit, semakin baik juga kualitas kredit.

Kelima, jangan takut risiko. Di usia produktif, harus berani mengambil segala risiko. Jangan sampai menyesali hal yang tidak dilakukan hanya karena takut dengan risiko tersebut. Ambilah semua risiko yang dapat ditolerir sebelum menginjak usia lanjut.

Keenam, fokus dengan gaya hidup. Untuk bisa mewujudkan segala impian finansial, benahi gaya hidup. Dengan gaya hidup yang lebih teratur dan hemat akan berpengaruh besar terhadap pencapaian tujuan finansial. Serta akan membantu mencapai gaya hidup yang diinginkan di masa depan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini