Cara Bersihkan Perabot Pasca-Banjir dari Kasur hingga Lemari

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Senin 08 Februari 2021 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 08 470 2358299 cara-bersihkan-perabot-pasca-banjir-dari-kasur-hingga-lemari-GcuxjrSKAT.jpg Banjir di Kota Semarang. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Cara membersihkan perabot rumah pasca-banjir penting untuk diperhatikan supaya barang-barang di rumah tidak cepat rusak. Apalagi, hujan dengan intensitas tinggi membuat pemukiman, hingga akses jalan rawan terendam sehingga bisa merusak rumah.

Bagi rumah warga yang sebelumnya terendam banjir, jangan khawatir, perabot bisa kembali bagus seperti semula dengan cara yang sederhana. Dilansir dari The Spruce, Senin (8/2/2021), berikut tips membersihkan perabot rumah sesuai dengan jenisnya:

Baca Juga: Rumah Lebih Mudah Dibersihkan, Gunakan 5 Ide Desain Berikut Ini

Lemari Kayu

Furnitur kayu solid seperti lemari, rak dan kerangka tempat tidur. dapat diperbaiki kecuali telah mengalami kerusakan parah. Langkah pertama adalah membersihkan dan mengeringkannya. Bersihkan perabot kayu yang ada bekas air banjir, dengan menggunakan mayones tanpa rasa pada bagian yang bernoda menggunakan lap. Gosok-gosok bagian tersebut dengan agak kuat.

Baca Juga: Masyarakat Indonesia Lebih Suka Nyicil Rumah di Bank Syariah

Setelah noda hilang, gosok lagi dengan lap bersih. Pastikan juga proses pengeringan merata sampai ke bagian dalam pada furnitur kayu, untuk mencegah pertumbuhan jamur. Furnitur kayu harus dikeringkan dengan bantuan kipas angin di tempat yang teduh dan berventilasi baik. Furnitur tidak boleh terkena sinar matahari, karena dapat menyebabkan kayu retak atau melengkung.

Sofa Berkain

Furnitur berlapis kain seperti sofa kemungkinan bisa diselamatkan, tetapi akan muda rusak total terutama jika terendam air cukup lama. Jika hanya terendam sebagian dan dalam waktu yang sebentar, perabot ini masih bisa diselamatkan dan dibersihkan sendiri.

Caranya pisahkan kain pelapis dan dengan furnitur, kemudian keringkan sesegera mungkin untuk mencegah pertumbuhan jamur dan lumut. Namun jika ingin sofa lebih bersih untuk digunakan, bersihkan sofa di layanan pembersih profesional.

Kasur

Masalah yang dihadapi kasur sama seperti sofa. Sebab kain menyerap kelembapan dan mendorong pertumbuhan jamur dan bakteri.

Jika kasur terendam cukup lama dan banyak noda lumpur menempel, maka buang kasur tersebut. Namun, jika kasur terkena air hanya dalam waktu singkat dan air banjir bersih, masih bisa diselamatkan.

Dengan cara membersihkan permukaan dan menjemur kasur di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering. Jika tidak ada sinar matahari langsung, bisa juga menggunakan kipas angin untuk mempercepat proses pengeringan.

Setelah kasur kering namun tercium bau apek, itu merupakan indikasi adanya jamur. Kasur berjamur harus ditangani oleh seorang profesional untuk dibersihkan dengan benar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini