Ini Bedanya Besaran BLT Subsidi Gaji, Ibu Hamil hingga UMKM

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Kamis 11 Februari 2021 05:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 10 320 2359901 ini-bedanya-besaran-blt-subsidi-gaji-ibu-hamil-hingga-umkm-9rGChwPhHM.jpg Rupiah (Shutterstock)

JAKARTA – Pemerintah terus menyiapkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk diberikan kepada masyarakat yang terdampak pandemi virus corona. Namun, pada 2021, ada satu jenis BLT yang pencairannya disetop, yaitu BLT subsidi gaji.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tak lagi mencairkan BLT subsidi gaji Rp2,4 juta kepada pekerja dengan upah di bawah Rp5 juta. Alasan Kemenkeu tidak mengalokasikan anggaran untuk subsidi gaji di tahun 2021, karena dananya dialokasikan untuk program bantuan yang lain.

"Pemerintah kan juga memberikan dukungan untuk subsidi bunga, penempatan dana, dan lain lain sehingga harapannya usaha mereka bisa berjalan lagi dan membaik, begitu juga karyawannya. Pemerintah juga punya program perlindungan sosial. Itu kami perkuat tapi untuk bottom 40%, seperti BLT kartu sembako, BLT desa masih ada," kata Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Rahayu Puspasari kepada Okezone, beberapa waktu lalu.

Selain untuk para pekerja yang memiliki penghasilan tersebut, BLT juga diberikan kepada ibu hamil yang termasuk ke dalam program keluarga harapan (PKH).

Berdasarkan data Kementerian Sosial (Kemensos) sejumlah BLT prioritas program keluarga harapan terdiri dari BLT ibu hamil dan balita atau anak usia dini 0-6 tahun dengan nilai Rp6 juta setahun. Adapun rinciannya, BLT ibu hamil Rp3 juta dan balita atau anak usia dini Rp3 juta setahun atau Rp750.000 per tiga bulan.

Baca Selengkapnya: Perbedaan BLT Subsidi Gaji, Ibu Hamil hingga UMKM

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini