Pasokan Bawang Putih Menipis? Begini Kata Kementan

Rina Anggraeni, Jurnalis · Minggu 14 Februari 2021 11:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 14 320 2361724 pasokan-bawang-putih-menipis-begini-kata-kementan-jWY1kiokBR.jpg Bawang Putih (Reuters)

JAKARTA – Kementerian Pertanian (Kementan) membantah terkait terbatasnya stok bawang putih di dalam negeri. Sebagai informasi, ketersediaan stok bawang putih dalam negeri dikhawatirkan akan mulai terbatas pada awal bulan Maret mendatang.

Direktur Jenderal Hortikultura Kementan Prihasto Setyanto menegaskan, bawang putih tidak langka dan stoknya masih cukup sampai lebaran.

 Baca juga: Stok Bawang Putih Menipis, Manajemen Impor Dipertanyakan?

“Iya, InsyaAllah aman. Sampai lebaran nanti aman. Stoknya cukup sampai lebaran nanti,” tegasnya saat dihubungi MNC Portal Indonesia hari ini (13/2/2021) di Jakarta.

Menurutnya, ketersedian bawang putih saat ini masih cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Diharapkan kebutuhan masyarakat akan bawang putih akan terus tercukupi.

 Baca juga: KPPU Minta Mendag Buka Keran Impor Bawang Putih

“Kebutuhan setiap bulannya itu sekitar 45 – 47 ribu ton. Sekarang ya stoknya masih cukup,” ujar Prihasto.

Sementara itu, Kementan sudah menerbitkan sejumlah Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) untuk mengantisipasi kekurangan ini. Kelanjutan proses impor saat ini berada di ranah Kementerian Perdagangan (Kemendag).

(rzy)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini