Clubhouse Aplikasi yang Dipakai Elon Musk Belum Terdaftar di Kominfo

Ferdi Rantung, Jurnalis · Selasa 16 Februari 2021 16:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 16 320 2363099 clubhouse-aplikasi-yang-dipakai-elon-musk-belum-terdaftar-di-kominfo-W8chRo9ARx.jpg Clubhouse Masih Ilegal di Indonesia. (Foto: Okezone.com/Sindonews)

JAKARTA - Aplikasi obrolan suara Clubhouse mulai menarik perhatian para pengguna media sosial di Indonesia. Clubhouse mulai melejit setelah sejumlah tokoh kenamaan, seperti CEO Tesla Elon Musk hadir dalam salah satu sesi diskusi daring yang diadakan di aplikasi itu.

Namun meski sudah ramai diperbincangkan, aplikasi ini ternyata masih ilegal di Indonesia.

Baca Juga: Kerjasama OTT Global dengan Perusahaan Lokal Datangkan Investasi Baru

"Clubhouse belum terdaftar di Kominfo dan kami harap dapat mendaftar sesuai ketentuan dalam PM 5/2020," kata Juru Bicara Kominfo Dedy Permadi kepada MNC Portal Indonesia, Selasa (16/1/2021).

Berdasarkan, peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat meminta platform media sosial, transaksi elektronik hingga komputasi awan wajib mendaftar ke kementerian. Dalam hal ini, Clubhouse merupakan bagian dari (PSE). Maka dari itu, Clubhouse harus terdaftar di Kominfo apabila masih menggelar layanannya ke pengguna internet Indonesia.

Baca Juga: Ini Alasan Sri Mulyani Ngotot Terapkan Pajak Digital

"Sesuai PM 5 2020, bagi yang tidak mendaftar sesuai kebijakan yang berlaku, akan mendapat sanksi administrasi berupa pemutusan akses." Ujarnya

Dia menambahkan, jika pihak aplikasi tidak mendaftar selama 6 bulan maka pemerintah akan memblokir akses aplikasi tersebut.

"Masa pendaftaran adalah 6 bulan sejak PM diundangkan pada tanggal 24 November 2020. Jika tidak didaftarkan akan diblokir," tandasnya

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini