Duh! Masih Ada Penumpang Transportasi yang Tak Pakai Masker dengan Benar

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 18 Februari 2021 18:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 18 320 2364453 duh-masih-ada-penumpang-transportasi-yang-tak-pakai-masker-dengan-benar-AoAp4KCd86.jpg Penumpang di MRT Jakarta. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan mengungkapkan bahwa masih ada satu, dua penumpang yang tidak memakai masker dengan benar saat berada di transportasi. Hal ini diketahui setelah dilakukan survey ke beberapa Stasiun dan rute Trans Jakarta.

Kepala BPTJ Polana B Pramesti mengatakan, ditemukan beberapa penumpang yang masih tidak benar dalam memakai masker. Sebagai salah satu contohnya adalah memakai masker di bawah hidung atau dagu.

"(Ada) Satu atau dua penumpang yang tidak benar memakai masker dengan baik misal di bawah hidung dan di bawah dagu," ujarnya dalam diskusi virtual, Kamis (18/2/2021).

Baca Juga: Hasil Tes Covid-19 Hanya Berlaku 1 Hari saat Keluar Kota

Meskipun secara umum, sebagian besar masyarakat yang menggunakan transportasi di Jabodetabek sudah patuh pada protokol kesehatan termasuk dalam penggunaan masker. Berdasarkan pantauan, baik ketika menunggu transportasi datang hingga turun dan meninggalkan stasiun dan terminal sebagian besar masyarakat masih menggunakan masker dengan benar.

"Ketaatan penggunaan masker pengguna dan petugas telah mematuhi dengan menggunakan masker di stasiun pemberangkatan dan terminal. Setelah turun masih terpantau atau dapat dikatakan memenuhi penggunaan masker," jelas Polana.

Baca Juga: Lakukan Perjalanan Selama PPKM Mikro, Cek Dulu Deh Aturan Mainnya

Sementara itu, mengenai ketertiban menjaga jarak, Polana menyebut para penumpang sudah tertib. Walaupun di beberapa tempat sampai harus diingatkan oleh petugas keamanan baik oleh TNI maupun Polisi.

"Berdasarkan uji petik dilakukan pengguna jasa mentaati jalur antrean sesuai yang diberikan. Walaupun di beberapa tempat mengingatkan juga dengan adanya petugas TNI Polri," kata Polana.

Namun kembali lagi lanjut Polana, secara umum baik oleh penumpang maupun operator sudah menjalankan protokol kesehatan. Menurut Polana, penerapan protokol kesehatan sangat penting untuk mencegah penularan virus corona (covid-19).

"Hal ini penting yang perlu dijadikan pemikiran semua masyarakat saat ini masih pandemi dan penerapan PSBB dimana transportasi publik tetap disediakan oleh Kementerian Perhubungan sesuai dengan ketentuan yang berlaku," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini