Bagaimana Cara Periksa Keamanan Jembatan?

Iffa Naila Safira, Jurnalis · Jum'at 19 Februari 2021 13:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 19 320 2364824 bagaimana-cara-periksa-keamanan-jembatan-usmsuCIVsg.jpg Jembatan Merah Putih (IG KemenPUPR)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan pengecekan kondisi jembatan di Indonesia. Salah satunya jembatan Merah Putih yang berada di Ambon, Maluku.

Pemantauan kondisi jembatan mutlak diperlukan sebagai langkah preventif terjadinya kecelakaan akibat kondisi struktur jembatan yang rusak. Dilansir dari Instagram @kemenpupr, Jumat (19/2/2021). Begini cara yang diterapkan PUPR.

 Baca juga: Jembatan Merah Putih Dilengkapi Sensor Canggih Antisipasi Kerusakan

Kementerian PUPR terus berupaya memutakhirkan sistem pemantauan kondisi jembatan dengan mengaplikasikan structural health monitoring system (SHMS).

Teknologi ini dapat memperpanjang umur layanan jembatan karena penurunan kemampuan dan kerusakan dapat diidentifikasi lebih awal (peringatan dini) sebelum terjadinya kerusakan lebih parah. Apalagi yang membutuhkan biaya lebih besar untuk rehabilitasi.

 Baca juga: Jembatan Merah Putih Terpanjang di Indonesia Timur

SHMS salah satunya diterapkan pada Jembatan Merah Putih, Ambon yang dilengkapi sejumlah sensor seperti sensor pengukur gaya kabel, sensor pengukur kecepatan dan arah angin, sensor kemiringan pylon, sensor pengukur getaran dan frekuensi struktur, sensor pengukur getaran gempa, serta sensor pengukur ambient temperature.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini