Ide Budidaya yang Menguntungkan, Ini 10 Tanaman Hias Paling Hits

Giri Hartomo, Jurnalis · Minggu 21 Februari 2021 07:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 20 455 2365559 ide-budidaya-yang-menguntungkan-ini-10-tanaman-hias-paling-hits-3IeOy41hWr.jpg Tanaman Hias (Foto: Okezone)

JAKARTA - Di tengah pandemi covid-19, banyak masyarakat yang melakukan Budidaya tanaman hias di rumah. Selain untuk mengisi kekosongan juga bisa menghasilkan cuan.

Begitu banyak ide budidaya tanaman yang menguntungkan di tengah pandemi Covid-19. Ide budidaya tanaman yang menguntungkan salah satunya seperti tanaman organik.

Apalagi saat ini banyak orang yang memulai hidup sehat sejak adanya pandemi Covid-19. Maka itu tanaman organik mulai diminati dan dicari. Hal ini menjadikan peluang menguntungkan untuk bisnis tanaman organik.

Baca Juga: 10 Tanaman Hias Paling Hits Selama Pandemi Covid-19

Ada sejumlah fakta menarik dari ide budidaya tanaman yang menguntungkan. Berikut Okezone telah merangkumnya pada Minggu (21/2/2021).

1. Beberaoa Ide Jenis Tanaman yang Bisa Ditanam

Jenis tanaman yang ditanam secara organik pun tidak terbatas sayuran saja, tetapi sudah merambah ke buah, padi, dan tanaman obat. Budidaya tanaman organik juga mudah dilakukan dan tidak membutuhkan banyak tempat. Bagi pemula bisa menggunakan polybag atau jika tidak ada bisa memanfaatkan wadah daur ulang.

Baca Juga: 5 Cara Menata Tanaman Hias untuk Segarkan Suasana Rumah

2. Mengikuti Perkembangan Hidup Sehat dan Dijual Lebih Mahal

Kesadaran hidup sehat kian meningkat. Sayur dan buah organik mulai dikonsumsi dan diminati masyarakat. Banyak juga digunakan dalam pengobatan dan kecantikan. Sehingga bertanam organik menjadi salah satu ladang bisnis menggiurkan dari sektor pertanian.

3. Mengurangi Dampak Negatif Pupuk Kimia

Teknologi yang banyak membantu petani adalah penggunaan pestisida, pupuk, dan hormon. Sejak dilakukan metode tersebut, hasil pertanian melimpah, namun tanaman cenderung mengandung racun dan berimbas buruk pada kesehatan konsumen. Maka itu tanaman organik muncul untuk menjadi solusi atas permasalahan tersebut karena tidak menggunakan bahan kimia berbahaya dalam proses penanamannya. Pupuk kimia akan diganti dengan pupuk kotoran ternak.

4. Menghemat Biaya Produksi

Untuk mengendalikan hama dan penyakit pada kebun organik, bisa menanam beberapa jenis tanaman yang tidak disukai hama, seperti bawang dan cabai. Bisa juga menggunakan daun serai yang ditumbuk dan diikatkan di sekeliling tanaman. Selain itu bisa juga dilakukan secara mekanis, mengambil langsung serangga yang menganggu. Selain produk lebih sehat, biaya produksinya juga murah, terutama saat penggunaan pupuk.

5. Menjaga Kualitas Rasa Sayuran

Keuntungan mengonsumsi produk organik adalah bisa mengurangi racun dan asupan makanan yang masuk bisa menyehatkan tubuh. Rasa produk organik pun lebih enak dibandingkan dengan sayur yang ditanam secara konvensional. Contohnya wortel, bayam dan kangkung organik, rasanya akan lebih renyah, manis, dan tahan lama.

6. Budidaya Tanaman Porang

Cara budidaya tanaman porang tidak begitu sulit. Oleh karena itu, tak heran jika dalam beberapa waktu belakangan popularitas tanaman porang kian meningkat.

Bahkan tanaman porang pun banyak diminati juga di pasar ekspor ke beberapa negara Asia dan Australia.

7. Ada 10 Tanaman Hias Paling Menguntungkan

Selain budidaya tanaman hidrophonik, juga bisnis tanaman hias bisa menjadi salah satu hal yang menguntungkan. Ada beberapa contoh tanaman hias yang viral dan menghasilkan cuan.

Pertama adaah Monstera, tanaman hias ini kabarnya punya lebih dari 48 varietas, namun hanya beberapa yang populer di Indonesia. Kemudian yang kedua adalah Aglaonema, ketiga Sukulen/Kaktus Mini, keempat Philodendron, Caladium, lalu ada Hosta, Calathea, Sansevieria, Begonia dan terakhir Pilea

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini