Tips Amankan Listrik di Musim Hujan dan Banjir agar Tak Kesetrum

Iffa Naila Safira, Jurnalis · Minggu 21 Februari 2021 15:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 21 320 2365671 tips-amankan-listrik-di-musim-hujan-dan-banjir-agar-tak-kesetrum-LB8sSJF7XA.jpg Listrik (Foto: Okezone)

JAKARTA - Banjir meredam wilayah Jakarta, Tangerang hingga Bekasi imbas musim hujan. Ada hal yang perlu diperhatikan saat musim hujan tiba, salah satuya sistem kelistrikan di rumah.

Jangan sampai terjadi korsleting saat banjir. Demi menghindari kejadian yang tidak diinginkan, berikut cara amankan listrik di musim hujan seperti dilansir akun Instagram @pln123_official, Minggu (22/2/2021).

Baca Juga: PLN Amankan Wilayah Terdampak Banjir

Hindari berteduh di dekat instalasi kelistrikan seperti tiang, gardu, panel PJU dan lainnya. Bila akan melewati genangan banjir, gunakan sepatu boots yang kedap air agar terhindar dari risiko bahaya seperti bakteri, pecahan kaca, paku dan tegangan listrik bocor.

Dalam kondisi basah, gunakan sarung tangan karet bila ingin menyentuh instalasi kelistrikan. Bila menjumpai instalasi kelistrikan yang berpotensi bahaya, beri tanda bahaya dan laporkan ke Contact Center PLN 123.

Listrik akan dipadamkan oleh PLN apabila rumah pelanggan atau gardu distribusi terendam air. Selain itu, ada lima kiat mengantisipasi bahaya listrik saat banjir, yaitu seperti berikut:

1. Matikan instalasi listrik di dalam rumah

2. Cabut peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak

3. Naikan alat elektronik ke tempat yang lebih tinggi

4. Bila aliran listrik yang terkena banjir tidak padam, segera hubungi contact center PLN 123

5. Hubungi instalasi terkait penanggulangan bahaya banjir

Baca Juga:  Waspada Korsleting Listrik saat Banjir, PLN Imbau Warga Segera Matikan MBC

Setelah banjir surut, pastikan semua peralatan elektronik maupun instalasi dalam keadaan kering. Pernormalan listrik dapat dilakukan setelah instalasi dipastikan kering dan ada penandatangan berita acara yang disaksikan ketua RT/RW tokoh masyarakat setempat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini