Food Estate NTT Terkendala Air, Jokowi Minta Basuki Bangun Bendungan

Dita Angga R, Jurnalis · Selasa 23 Februari 2021 13:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 23 320 2366837 food-estate-ntt-terkendala-air-jokowi-minta-basuki-bangun-bendungan-XL2AzX1ME0.jpg Presiden Jokowi (Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini melakukan peninjauan ke lumbung pangan atau food estate di Kabupaten Sumba Tengah Nusa Tenggara Timur (NTT). Dia mengatakan bahwa air masih menjadi salah satu permasalahan.

Menurutnya hal ini memang menjadi masalah di seluruh NTT. Maka dari itu, perlu embung besar.

 Baca juga: Jokowi Sebut Food Estate di NTT Capai 10.000 Ha

“Memang kuncinya ada di air. Oleh sebab itu di sini tadi kita lihat sudah dibangun di 2015, 2018 sumur bor yang masuk ke sawah. Juga ada beberapa embung di sini. Embung besar juga sudah dibangun. Tapi masih jauh dari cukup, masih kurang,” katanya dalam keterangan persnya, Selasa (23/2/2021).

Dia mengatakan bahwa Gubernur NTT dan Bupati Sumba Tengah meminta dibuatkan satu bendungan untuk memenuhi kebutuhan air di sana.

 Baca juga: Presiden Jokowi Cek Food Estate dan Resmikan Bendungan di NTT

“Tadi Pak Bupati masih minta tambahan lagi. Pak Gubernur minta dibuatkan satu bendungan untuk di Kabupaten Sumba Tengah dan sekitarnya. Saya sudah perintahkan tadi Pak Menteri PU untuk dilihat kemungkinan dibangun waduk atau bendungan. Kemudian tambahan untuk embung. Dan juga sumur bor,” paparnya.

Lebih lanjut Jokowi mengatakan Kementerian pertanian akan membantu kekurangan-kekurangan alat dan mesin pertanian (alsintan)

“Traktor terutama di sini sangat dibutuhkan sekali,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini