Menko Luhut: Kita Harus Bangga, Pakai Produk Lokal Kian Nyata

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 24 Februari 2021 15:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 24 320 2367571 menko-luhut-kita-harus-bangga-pakai-produk-lokal-kian-nyata-GThpQh65Qr.jpg Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - PT PLN (Persero) melakukan penandatangan dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), untuk mengkaji dan menerapkan teknologi ketenagalistrikan dalam mendorong Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

"Jadi kita patut berbangga hari ini, karena komitem penggunaan produk dalam negeri telah nyata. Hal ini tercermin dari penandatanganan kerja sama PLN dan BPPT dalam penggunaan produk dalam negeri khususnya di bidang ketenagalistrikan," ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Rabu (24/2/2021).

Baca Juga: Dirut PLN: Kita Akan Ditinggalkan Pelanggan jika...

Kemudian, lanjut dia, teknologi ketenagalistrikan sekarang sudah mengalami berkembang luar biasa, ramah lingkungan, efisiensi dan terbarukan. Hal ini menjadi kunci pengembangan energi listrik di masa yang akan datang.

"Saat ini tiap negara berlomba mewujudkan clean energi di negerinya. Sebagai negara yang besar Indonesia dan kaya berbagai sumber energi terbarukan tentunya kita memiliki peluang yang cukup besar untuk mengembangkan energi pembangkit yang ramah lingkungan," ungkap dia.

Baca Juga: Tips Sukses Meniti Karier Ala Dirut PLN: Selesaikan Semua Tugas

Dia juga menjelaskan pemerintah saat ini tengah fokus mengembangkan sumber energi terbarukan dan ramah lingkungan untuk menggantikan peran energi fosil.

"Salah satunya yakni dengan pengembangan energi baterai. Hal itu terlihat dari pembangunan pabrik baterai terbesar di dunia di kawasan Indonesia Morowali Industrial Park, Sulawesi Tengah," tandas dia.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini