Kawasan Rebana Metropolitan Bakal Serap 4,39 Juta Tenaga Kerja

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 24 Februari 2021 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 24 470 2367426 kawasan-rebana-metropolitan-bakal-serap-4-39-juta-tenaga-kerja-EScZVTTdjC.jpg Ilustrasi Perkotaan (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Bandara Kertajati atau Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) diharapkan bisa menjadi salah satu penunjang perekonomian Jawa Barat. Apalagi pemerintah Jawa Barat juga berencana untuk membentuk kawasan metropolitan rebana di daerah sekitar Kertajati, Majalengka.

Gubernur Provinsi Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, Bandara Kertajati bisa menjadi salah satu unsur penunjang dari terbentuknya tata ruang terintegrasi metropolitan rebana. Adapun kawasan ini akan mengusung konsep live, work and play.

Baca Juga: Miliki Udara Bersih dan Penduduk Panjang Umur, Ini Kota-Kota Tersehat di Dunia

Metropolitan baru Jawa Barat ini pada tahun 2030 diprediksi dapat menyerap tenaga kerja sebanyak 4,39 juta. Tak hanya itu, kawasan metropolitan baru ini juga diperkirakan bisa mendongkrak laju pertumbuhan ekonomi menjadi sebesar 6,83% serta laju investasi sebesar 6,07%.

Apalagi, saat ini juga Bandara Kertajati yang ada di kawasan tersebut sudah memiliki layanan kargo yang dibuka oleh maskapai penerbangan Garuda Indonesia dengan rute Kertajati-Batam. Pria yang kerap disapa Kang Emil itu berharap, adanya kawasan metropolitan dan fasilitas penunjangnya bisa berperan dalam pemulihan ekonomi daerah.

Baca Juga: Daftar Negara dengan Anggaran Kesehatan Terbesar Dunia, Ada Rp47,8 Kuadriliun

“Pada kesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih kepada tim pemulihan ekonomi daerah khususnya dari sub divisi transportasi dan logistik, Dirut PT. Kawan Sinergi Berkarya, para pengusaha transportasi dan kargo serta kepada Dirut Garuda yang telah berkolaborasi untuk upaya pemulihan ekonomi daerah,” ujarnya dalam keterangannya, Rabu (25/2/2021).

Asal tahu saja, maskapai milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) resmi membuka layanan penerbangan kargo di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau yang lebih dikenal Bandara Kertajati. Rute layanan kargo yang dibuka adalah dari Bandara BIJB menuju Bandara Hang Nadim, Batam lewat layanan penerbangan charter.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini