Share

Jokowi: Transformasi Digital Bikin UMKM Naik Kelas

Dita Angga R, Sindonews · Kamis 25 Februari 2021 19:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 25 320 2368399 jokowi-transformasi-digital-bikin-umkm-naik-kelas-8QtkWQJOZ2.jpg Presiden Jokowi (Foto: Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut transformasi digital perlu dipercepat untuk mendukung sektor UMKM. Menurutnya, UMKM Indonesia bisa naik kelas dengan memanfaatkan digitalisasi.

“Kita harus mampu menggunakan momentum pandemi untuk menyiapkan UMKM bisa naik kelas. Transformasi digital adalah pintu, pintu masuk agar UMKM bisa masuk dalam marketplace digital dan bisa menjadi bagian dari supply chain nasional maupun global,” katanya dalam acara Devcon21, Kamis (25/2/2021).

Baca Juga:  Banjirnya Barang China Jadi Tantangan UMKM RI

Dia menyebut bahwa terjadi peningkatan transaksi penjualan online 10-15%. Hal ini menurutnya memperkuat kampanye nasional untuk membeli produk produk UMKM yang terwadahi dalam e-commerce.

Baca Juga: 1.200 UKM Ditargetkan Ekspor Tiap Tahunnya

“Apalagi kita sudah memiliki 8 juta dari 60 juta unit UMKM yang sudah terhubung dengan wadah digital. Kita harus terus mendorong setidaknya jumlah itu selalu bertambah lagi. Bisa menjadi 10 juta bisa 15 juta dan naik lagi 20 juta dan seterusnya,” ungkapnya.

Lebih lanjut Jokowi menilai pelatihan penggunaan teknologi digital untuk UMKM harus diperbanyak. Dia mengatakan pemerintah sudah memulai pelatihan tersebut dengan program kartu pra kerja.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

“Hal seperti ini juga bisa dilakukan oleh kementerian/ lembaga bekerjasama dengan komunitas digital dengan memberikan pelatihan-pelatihan online secara gratis,” tuturnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini yakon kolaborasi antara komunitas digital dan pemerintah akan memperkuat sektor digital Indonesia.

“Saya yakin dengan kolaborasi yang melibatkan komunitas digital indonesia termasuk Microsoft kekuatan kita akan semakin berlipat ganda, kekuatan kita akan semakin besar untuk mempercepat proses transformasi digital yang sedang kita lakukan,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini