Sulit Anggarkan Biaya Renovasi Rumah? Begini Solusinya

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Minggu 28 Februari 2021 22:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 25 470 2368380 sulit-anggarkan-biaya-renovasi-rumah-begini-solusinya-olB0rXJnkt.jpg Rumah (Shutterstock)

JAKARTA – Masuk musim penghujan, biasanya rumah akan tertimpa masalah, seperti kebocoran atap yang tidak terduga dan akan melakukan perbaikan. Untuk menutupi kebutuhan biaya perbaikan itu, membuat anggaran terkait renovasi pun perlu dilakukan.

Perencana Keuangan Safir Senduk mengatakan, sayangnya saat mulai membuat anggaran, terdapat kesulitan yang dihadapi yang sebenarnya berasal dari individu orang itu sendiri, seperti lupa tujuan awal pembentukan anggaran tersebut.

 Baca juga: 4 Dekorasi Rumah Nyaman Selama Musim Hujan

“Kebanyak orang itu lupa saat menyisihkan uangnya, apalagi untuk menabung dan investasi sifatnya tidak ada bos atau tuntutan,” jelasnya saat dihubungi Okezone.

Oleh sebab itu, kejadian tersebut harus diatasi dengan segera dari beberapa hal. Untuk lebih lanjut, simak penjelasan mengenai kesulitan dan cara mengatasinya dari melakukan kegiatan penganggaran.

 Baca juga: 4 Tips Interior Monokrom, Bukan Hanya Warna Hitam dan Putih

1. Kesulitan

 

Pertama, banyak orang lupa dari tujuan utama dalam menganggarkan sesuatu yang disebabkan tidak adanya “bos” dan akan terasa lebih berat. Misalkan, seorang bekerja dan memiliki bos, dia pasti akan melakukan tujuannya untuk mendapatkan sesuatu dari apa yang dikerjakannya.

“Kalau tidak ada bos malah lebih berat jatuhnya gitu ya dalam melakukan penganggaran dana,” ucapnya.

Kemudian yang kedua, kebanyakan orang tidak menghitung terlebih dahulu berapa biaya yang diperlukan nantinya untuk membuat anggaran renovasi dan hanya menyisihkan uangnya saja.

“Mereka tidak menghitung dulu, tetapi main menyisihkan saja dan kadang-kadang itu tidak cukup. Namun, sekali lagi, kalau renovasi sifatnya hanya sekadar pembetulan harusnya masih cukup walaupun dia tidak melakukan perhitungan terlebih dahulu,” kata Safir.

2. Cara Mengatasi Kesulitannya

Pertama, supaya kita tidak lupa akan tujuan pembuatan anggaran adalah tulis di buku agenda atau di aplikasi yang terdapat pada smartphone yang dapat mengingatkan melalui notifikasi.

“Tulis tujuan di buku agenda kita atau di aplikasi smartphone yang bisa mengingatkan kita kapan waktunya untuk menyisihkan uang. Manfaatkan smartphone yang ada karena kebanyakan orang hanya sekadar punya saja dan kurang memanfaatkannya,” ungkap Safir.

Jadi, manfaatkanlah reminder dari smartphone untuk memulai menyisihkan uang agar kegiatan penganggaran bisa dilakukan dengan baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini