Menko Luhut Targetkan Bangun 10 Fasilitas Bahan Bakar dari Sampah

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 26 Februari 2021 14:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 26 320 2368830 menko-luhut-targetkan-bangun-10-fasilitas-bahan-bakar-dari-sampah-T19uyFWRm3.jpg Menko Luhut (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menargetkan pembangunan 10 Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) berbasis Refuse Derived Fuel (RDF) tahun ini.

Menurutnya, fasilitas itu mampu mengolah sampah menjadi bahan bakar. Di mana saat ini, fasilitas tersebut baru berada di Cilacap, Jawa Tengah.

"Jadi sudah ada juga RDF di Cilacap dan kami akan bangun tahun ini ada 10 lagi atau lebih. Dan saya kira program seperti ini perlu kita lakukan," ujar dia dalam acara Peresmian Fasilitas TPST 3R secara virtual, Jumat (26/2/2021).

Baca Juga: Menko Luhut Sebut 70% Sampah Plastik Bocor ke Laut 

Dia menjelaskan, semua pihak sudah harus memikirkan terobosan pengolahan sampah, khususnya sampah plastik dan pemanfaatan sampah menjadi sumber daya baru. Hal ini dikarenakan masyarakat sudah tidak bisa lagi mengandalkan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) untuk menangani masalah sampah.

"Penanganan sampah harus dilakukan secara terintegrasi dari hulu, yakni sampah rumah tangga sampai dengan hilir atau proses pengolahan sampah," ungkap dia.

Kemudian, kata Luhut penanganan sampah membutuhkan upaya di luar kebiasaan masyarakat selama ini, bukan melalui penanganan pada umumnya. Salah satunya, dengan menggandeng sektor swasta membuat program penanganan sampah secara terpadu maupun daur ulang sampah.

"Langkah ini dilakukan untuk mempercepat target penanganan 70% sampah di Indonesia pada 2025 mendatang," tandas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini