Sebelum Beli Furnitur Vintage, Perhatikan 5 Hal Ini

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Kamis 04 Maret 2021 05:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 03 470 2371542 sebelum-beli-furnitur-vintage-perhatikan-5-hal-ini-VAJvg96B7s.jpg Furnitur (Foto: House Beautiful)

JAKARTA – Gaya vintage kerap kali menjadi pilihan sebagian orang dalam dekorasi rumah. Pasalnya gaya ini dapat memberi kesan nyaman, unik, dan hangat. Hingga saat ini, interior bergaya vintage masih cukup banyak diminati karena suasana nostalgia yang dibawanya.

Tak jarang, banyak orang beralih mencari alternatif membeli furnitur bekas untuk mendapatkan kesan vintage. Namun, memilih furnitur vintage harus benar-benar diperhatikan.

Beberapa barang yang ditemukan, mungkin tampak seperti harta karun. Namun tak menutup kemungkinan, tanpa disadari terdapat cacat di beberapa titik, sehingga menurunkan nilai fungsinya.

Baca Juga: 8 Kesalahan Dekorasi Ruang Tamu yang Harus Dihindari

Dilansir dari House Beautiful, Kamis (4/3/2021), berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli furnitur vintage, agar terhindar dari pembelian yang sia-sia.

1. Bingkai Kokoh

Hal pertama yang harus dilihat adalah apakah furnitur tersebut memiliki bingkai yang kokoh atau tidak. Jika setiap bagian dibuat dengan baik, maka itu akan bernilai investasi dan dapat mengurangi biaya untuk memperbaiki atau memberi lapisan ulang.

Baca Juga: Dekorasi Rumah yang Nyaman dan Anti Bocor Selama Musim Hujan

2. Kualitas Bahan

Selain itu, perhatikan juga kualitas bahan. Potongan kayu yang solid atau logam kuat dapat lebih awet atau tahan lama. Jika melihat veneer yang mengelupas, plastik tergores, atau kayu lapuk, pertimbangkan kembali untuk membelinya.

3. Sumber

Pikirkan dan pertimbangkan juga sumber barang tersebut. Misalnya ketika menemukan barang yang berasal dari rumah tidak dikenal atau kotor, mungkin saja mengandung serangga atau kutu di dalamnya.

4. Detail Unik

Jika sebuah karya memiliki ukiran, tatahan, atau bentuk yang benar-benar unik dan menarik, mungkin layak dicoba untuk diselamatkan. Karena kemungkinan besar tidak akan menemukan yang seperti itu lagi.

5. Ukuran dan Skala

Banyak barang vintage dan antik berskala lebih kecil dari furnitur kontemporer. Jika menemukan sesuatu yang sangat cocok untuk tempat yang diinginkan, jangan biarkan pelapis atau cat yang buruk menghalangi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini