Share

Startup Dapat Tugas dari Menko Luhut, Apa Itu?

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 08 Maret 2021 15:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 08 320 2374302 startup-dapat-tugas-dari-menko-luhut-apa-itu-exitw8gbZW.jpg Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa Indonesia menempati peringkat pertama ekosistem digital berdasarkan nilai data Global Startup Ecosystem Report tahun 2020.

Baca Juga: Menko Luhut: Ekonomi Digital RI Tumbuh 2 Digit tapi Masih Kalah dari Vietnam

Menurut Luhut nilai ekosistem startup ini tercatat berada di angka USD2,63 miliar, dengan nilai pendanaan tahap awal sebesar USD849,5 juta.

"Dengan adanya itu menempatkan Indonesia peringkat kedua dari top 100 emerging ecosystem," ujar Luhut dalam webinar Bukalapak secara virtual, Senin (8/3/2021).

Baca Juga: Jokowi: Kita Berada di Zaman Perang Kecerdasan Buatan seperti Space War

Dia juga mengungkapkan, moncernya ekosistem digital ini tak terlepas dari peran-peran startup Tanah Air. Maka itu, pihaknya menyambut baik kerja sama yang dilakukan Bukalapak dengan Microsoft untuk menggenjot digitalisasi UMKM.

"Jadi saya berharap kerja sama Microsoft dan Bukalapak dapat meningkatkan daya saing pelaku bisnis UMKM nasional. Dan saya berharap juga kita dapat terus bekerja sama mendorong perekonomian digital Indonesia," tandas dia.

Pemerintah terus mendukung 64 juta lebih UMKM di seluruh Indonesia. Pengembangan ke depannya, seluruh UMKM akan go digital dan pemerintah siap mengakomodasi hal tersebut.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, sampai beberapa tahun ke depan program UMKM go digital akan digaungkan pemerintah demi kesejahteraan semua masyarakat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini