Bertemu Wapres, Erick Thohir Cari Cara Selamatkan Bank Muamalat

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 09 Maret 2021 19:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 09 320 2375140 bertemu-wapres-erick-thohir-cari-cara-selamatkan-bank-muamalat-ZpjgyQlO5J.jpg Erick Thohir (Foto: KBUMN)

JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin bertemu dengan Pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) di rumah dinasnya pada hari ini. Dalam pertemuan tersebut turut hadir sejumlah Menteri Kabinet Kerja.

Seperti Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sekaligus Ketua Pengurus Harian MES Erick Thohir, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM), Teten Masduki, Menteri Perdagangan M Lutfi hingga Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. Selain itu, hadir juga Direktur Utama Bank Syariah Indonesia (BSI) Hery Gunardi.

Baca Juga: Cari Investor Bank Muamalat, OJK Buka-bukaan Kriteria Pemodal 

Dalam pertemuan tersebut, Erick Thohir melaporkan mengenai jangka pendek dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah ke depannya. Termasuk mengenai penyelamatan dari Bank Muamalat.

"Tidak kalah penting adalah pengembangan ekonomi syariah di mana pengembangan ekonomi syariah ini ada beberapa pemikiran jangka pendek yang kita coba kerjakan salah satunya Bank Muamalat," ujarnya dalam acara pertemuan dengan Wapres, di Jakarta, Selasa (9/3/2021).

Menurut Erick Thohir, pada pekan ini akan diadakan rapat tentang penyelamatan Bank Muamalat. Di mana dalam rapat tersebut nantinya akan dipimpin langsung ole Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Menurut Erick Thohir, pihaknya sudah mendapatkan kepastian dan langkah-langkah yang akan dilakukan untuk menyelamatkan Bank Muamalat. Kepastian tersebut setelah dilakukan pertemuan antara BPKH dengan OJK.

Sebelumnya, BPKH sendiri berencana menyuntikkan modal Rp3 triliun kepada Bank Muamalat dalam bentuk investasi tier 1 lewat penambahan saham Rp1 triliun dan investasi tier 2 bernilai Rp2 triliun.

"Nah mungkin Jumat ini pak Wapres Ma'ruf Amin sendiri kan akan memimpin rapat mengenai Bank Muamalat, hasil pertemuan kami dengan BPKH lalu OJK pada saat itu kita sudah ada kesepakatan bagaimana penyelamatan Bank Muamalat," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini