MNC Bank Siap Penuhi Aturan Modal Inti Minimum Rp3 Triliun

Aditya Pratama, Jurnalis · Rabu 10 Maret 2021 15:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 10 320 2375603 mnc-bank-siap-penuhi-aturan-modal-inti-minimum-rp3-triliun-V8lO9HnOAx.jpg MNC Bank Siap Penuhi Aturan OJK. (Foto: Okezone.com/MNC Bank)

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah merilis Peraturan OJK Nomor 12/POJK.03/2020 tentang konsolidasi bank umum. Dari salah satu peraturan tersebut mengenai pengaturan modal inti minimum bank.

Dalam POJK terbaru ini, pengaturan modal inti minimum bank menjadi minimal Rp3 triliun yang wajib dipenuhi paling lambat tanggal 31 Desember 2022. Pemenuhan modal inti minimum ini harus dilakukan secara bertahap yakni Rp1 triliun di 2020 lalu naik jadi Rp2 triliun di 2021.

Menanggapi hal tersebut, Presiden Direktur PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) Mahdan mengatakan, pihaknya mengapresiasi penerapan regulasi tersebut yang bertujuan memperkuat fundamental industri perbankan di Indonesia. MNC Bank yakin akan mampu mengikuti ketentuan sesuai batas waktu yang ditetapkan.

Baca Juga: Digitalisasi Perbankan, Ini Bocoran Strategi MNC Bank Jadi Digital Bank!

"Adapun penambahan modal akan digunakan untuk ekspansi bisnis dalam meningkatkan rentabilitas Bank serta memperbesar kemampuan MNC Bank untuk melakukan transformasi proses dan layanan digital demi menghadirkan pelayanan terkini dan terbaik bagi seluruh nasabah," ujar Mahdan dalam Public Expose BABP, Rabu (10/3/2021).

Mahdan menambahkan, sesuai dengan Rencana Bisnis Bank (RBB) yang telah disampaikan MNC Bank kepada OJK, penambahan modal Perseroan akan memenuhi ketentuan yang diatur dalam POJK 12/2020 dan diharapkan selesai dalam batas waktu yang ditentukan OJK.

Baca Juga: Ssst, Segera Tambah Saldo... MNC Bank Siap Undi Pemenang Tabungan Dahsyat Periode ke-4!

Salah satu upaya dalam meningkatkan rentabilitas bank adalah memperbesar porsi dana murah. Strategi peningkatan dana murah tersebut adalah dengan memperkenalkan Tabungan Dahsyat.

"Di mana sampai dengan akhir Februari 2021, Tabungan Dahsyat telah menjadikan volume Tabungan MNC Bank pada kisaran Rp1,05 Triliun dan sukses memperbesar rasio CASA MNC Bank menjadi 23,37 persen," kata dia.

Diharapkan, tabungan MNC Bank akan terus meningkat dengan bantuan Motion, platform integrated banking solution andalan MNC Bank yang akan memulai proses perizinan menuju digital onboarding pada April 2021.

"Dengan begitu, sebelum akhir tahun ini, nasabah MNC Bank dapat merasakan berbagai kenyamanan dari proses dan layanan digital dengan rasa aman yang tetap terjaga," ucapnya.

Tidak hanya itu, MNC Bank juga akan meningkatkan sinergi untuk memanfatkan potensi ekosistem dari MNC Group, mulai dari SPIN Smart Payment, MNC Trade, TV Free To Air, News Portal, Pay TV, OTT, dan sosial media, untuk memberikan produk dan layanan terbaik bagi nasabah MNC Bank.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini