Masyarakat Serbu Mal saat Libur Isra Mi'raj

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 12 Maret 2021 11:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 12 320 2376528 masyarakat-serbu-mal-saat-libur-isra-mi-raj-Fx4AURHWBI.jpg Ilustrasi Mal (Foto: Okezone)

JAKARTA - Libur Isra Miraj ternyata menjadi berkah sendiri bagi dunia usaha di tengah pandemi covid-19. Tak terkecuali juga bagi para pengusaha pengelola pusat perbelanjaan.

Pasalnya, pada libur Isra Miraj yang jatuh pada Kamis 11 Maret 2021, ada peningkatan dari sisi pengunjung. Meskipun peningkatannya tidak terlalu signifikan karena masih berada di bawah kapasitas maksimal yang ditetapkan pemerintah selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di beberapa daerah.

Baca Juga: Ada Vaksinasi, Pengusaha Mal Harap PPKM Mikro Dilonggarkan

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja mengatakan pada libur Isra Miraj kemarin ada peningkatan dari sisi kunjungan ke pusat perbelanjaan. Hanya saja, dirinya tidak menyebutkan secara rinci berapa total dan peningkatan dari pengunjung selama libur Isra Miraj.

“Kemarin (libur Isra Miraj) memang ada peningkatan tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan,” ujarnya saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Jumat (12/3/2021).

Baca Juga: Ridwan Kamil: Tingkat Kematian Akibat Covid-19 Konsisten 1%

Menurut Alphonzus, peningkatan juga diperkirakan akan terjadi pada akhir pekan mendatang. Di mana hal ini bukan kejadian yang baru, karena selalu terjadi setiap kali ada ‘hari terjepit’ pada kalender.

“Diperkirakan akhir pekan ini juga akan ada peningkatan tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan sebagaimana biasanya terjadi pada hampir setiap hari libur terjepit,” jelasnya.

Namun peningkatan ini juga diperkirakan tidak akan bisa melebih batas 50% dari kapasitas pusat perbelanjaan. Mengingat, pemerintah juga masih memberlakukan kebijakan PPKM mikro di beberapa daerah yang membatasi kapasitas pengunjung dan jam operasional.

“Pada saat ini tingkat kunjungan di pusat perbelanjaan di beberapa daerah tidak bisa lebih dari 50% karena masih ada pembatasan kapasitas pengunjung,” kata Alphonzus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini