Share

Sektor Ketenagakerjaan Diklaim Mulai Pulih, Ini Tanda-tandanya

Michelle Natalia, Jurnalis · Senin 15 Maret 2021 13:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 15 320 2377975 sektor-ketenagakerjaan-diklaim-mulai-pulih-ini-tanda-tandanya-UGugDi3fOa.jpg Tenaga Kerja (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menyebutkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang kuartal III hingga kuartal IV tahun 2020 berangsur membaik meski masih berada di zona minus

Jika dilihat per sektornya, ketiga sektor yang menjadi penyumbang serapan tenaga kerja terbanyak, antara lain sektor pertanian, industri pengolahan, dan perdagangan juga konsisten menunjukkan penguatan.

Ida menyebutkan bahwa hal ini menjadi salah satu sinyal pemulihan sektor ketenagakerjaan. "Penyerapan tenaga kerja dari investasi yang masuk tetap tumbuh di kala pandemi. Kinerja manufaktur dan kapasitas tenaga kerja diperkirakan akan terus meningkat," ujar Ida dalam Rapat Kerja dengan Komisi IX DPR RI di Jakarta, Senin (15/3/2021).

Baca Juga: Bantu Tenaga Kerja Selama Covid-19, Menaker Singgung BLT Subsidi Gaji 

Dia menyebutkan, Prompt Manufacturing Index (PMI) dari sebelumnya jatuh pada kuartal II 2020, berangsur membaik pada kuartal III dan kuartal IV 2020 meski masih berada di posisi kontraksi. "Pada triwulan 2021, PMI diprediksi mencapai 51,14% yang menunjukkan sinyal ekspansi usaha khususnya industri manufaktur," tambahnya.

Ida mengatakan bahwa seiring meningkatnya ekspansi dunia usaha, indeks penggunaan tenaga kerja juga diperkirakan perlahan meningkat pada triwulan I 2021. Kondisi itu menunjukkan optimisme pemulihan serapan tenaga kerja di industri manufaktur yang berkontribusi dalam menekan tingkat pengangguran akibat Covid-19.

"Penyerapan tenaga kerja dari investasi, baik PMA maupun PMDN, masih terus tumbuh meski di kala pandemi. Optimisme terbukanya lapangan kerja terus meningkat seiring dengan implementasi UU Cipta Kerja," pungkas Ida.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini