Share

Mudik Lebaran Tidak Dilarang, Perputaran Uang Bisa Rp10 Triliun

Michelle Natalia, Jurnalis · Rabu 17 Maret 2021 11:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 17 320 2379155 mudik-lebaran-tidak-dilarang-perputaran-uang-bisa-rp10-triliun-sYfHq0YqXw.jpg Mudik Lebaran Tahun Ini Tidak Dilarang. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tidak melarang masyarakat untuk menjalankan tradisi mudik Lebaran pada tahun ini. Kebijakan ini tentu memiliki nilai plus dan minus.

"Kita mulai dari plusnya terlebih dahulu, dengan diperbolehkannya mudik tentu ada potensi aktivitas perekonomian baik itu dari asal pemudik ke daerah tujuan mereka," ujar Yusuf kepada MNC Portal Indonesia di Jakarta, Rabu (17/3/2021).

Baca Juga: Mudik Lebaran 2021 Tidak Dilarang

Dia menyebutkan, efek pengganda ekonomi menjadi sangat banyak, mulai dari misalnya dari tiket transportasi yang mereka spending, kemudian ke warung-warung sekitar stasiun/bandara/pelabuhan tempat para pemudik akan berangkat dan tiba nantinya, dan tempat-tempat wisata di daerah pemudik.

"Sebuah kajian menunjukkan perputaran uang dari kegiatan mudik mencapai Rp10 triliun," tambah Yusuf.

Baca Juga: Pajak Mobil 0% hingga Vaksinasi Bikin Masyarakat Pengen Mudik Lebaran

Sementara itu, berdasarkan data uang beredar di masyarakat di periode lebaran di tahun 2019 dan 2020, menunjukkan ada pertambahan uang beredar di kisaran Rp5 triliun hingga Rp70 triliun.

Namun demikian, Yusuf menegaskan bahwa salah satu potensi sisi negatif dari kebijakan membolehkan mudik tentu ada pada potensi penyebaran kasus Covid-19.

"Apalagi dari episode sebelumnya, ketika libur cuti bersama dibuka di tahun lalu terjadi kenaikan angka kasus Covid-19. Tentu ini perlu diantisipasi agar tidak terulang kembali," tukasnya.

Sebagai informasi, Mudik Lebaran 2021 tidak dilarang. Hal itu keputusan pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan. Meski mudik Lebaran tahun ini tidak dilarang, namun ada beberapa syarat.

"Dapat kami kemukakan terkait dengan mudik 2021, pada prinsipnya pemerintah melalui Kementerian Perhubungan tidak melarang," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Baca Juga: Pajak Mobil 0% hingga Vaksinasi Bikin Masyarakat Pengen Mudik Lebaran

Mudik Lebaran 2021 tidak dilarang meski kondisi pandemi Covid-19 belum berakhir. Kendati demikian, kata dia, Kemenhub tetap akan berkoordinasi dengan gugas tugas penanganan Covid-19 untuk mengatur sebuah pengaturan terkait dengan kegiatan mudik tahun 2021 tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini