Share

Cara Membedakan Meterai Asli dengan Palsu

Rina Anggraeni, Jurnalis · Rabu 17 Maret 2021 13:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 17 320 2379226 cara-membedakan-meterai-asli-dengan-palsu-6ZF1qWh3hf.jpg Meterai. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Direktur Penyuluhan Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Ditjen Pajak Neilmaldrin Noor memberikan saran untuk mengenali meterai palsu dengan asli. Salah satunya dari harga yang ditetapkan pemerintah. Jika harganya murah maka materai itu palsu.

Hal ini dikarenakan Polda Metro Jaya berhasil membongkar kasus penjualan meterai palsu. Adapun meterai yang dipalsukan yakni Rp6.000 dan meterai yang baru yakni Rp10.000. Jika ditotal, kerugian negara akibat kasus ini disebut sebesar Rp37 miliar.

"Dan menemukan harga di bawah nominal tertera dan dipasyikan harga materai itu palsu," kata Neil dalam video virtual, Rabu (17/3/2021).

Baca Juga: Ciri Khusus Meterai Rp10.000, Cek Jangan Sampai Tertipu

Lanjutnya, meterai asli bisa didapatkan di kantor PT Pos Indonesia. Dia pun meminta agar masyarakat membeli meterai di tempat penjualan yang resmi yang sudah disetujui Direktorat Jendral Pajak (DJP).

"Harga meterai itu yang asli di beli di PT Pos," jelasnya.

Dia menambahkan untuk membeli meterai yang asli agar masuk dalam keuangan negara. Pasalnya materai adalah objek pajak untuk menghasilkan penerimaan negara. 

"Karena meterai itu penerimaanya masuk ke dalam negara dan masuk ke dalam pajak," tandasnya.

Baca Juga: Meterai Rp10 Ribu Dipalsukan, Ditjen Pajak: Merugikan Negara

Sebagai informasi meterai asli yaitu terdapat negara Garuda Pancasila, angka 10.000 dan tulisan 'SEPULUH RIBU RUPIAH' yang menunjukkan tarif bea meterai, teks mikro modulasi 'INDONESIA', blok ornamen khas Indonesia, dan seterusnya.

Sedangkan ciri khususnya adalah warna meterai didominasi merah muda, serat berwarna merah dan kuning yang tampak pada kertas, garis hologram sekuriti berbentuk persegi panjang yang memuat gambar lambang negara Garuda Pancasila, gambar bintang, logo Kementerian Keuangan, serta tulisan 'djp' dan sebagainya.

Desain meterai Rp10.000 baru mengusung tema Ornamen Nusantara. Tema ini dipilih untuk mewakili semangat menularkan rasa bangga atas kekayaan yang dimiliki Indonesia dan semangat nasionalisme

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini