Cek Proyek Investasi Batam, Menko Luhut: Kita Percepat Potensi Sektor Maritim

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 19 Maret 2021 18:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 19 320 2380801 cek-proyek-investasi-batam-menko-luhut-kita-percepat-potensi-sektor-maritim-VqbHGt0tHl.jpg Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan melakukan kunjungan untuk melihat proyek investasi di Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk melihat progres dari setiap proyek yang berkaitan dengan isu kemaritiman dan investasi di Batam.

Baca Juga: Menkes: Tidak Usah Investasi Buat RS Baru

"Potensi di sektor kemaritiman khususnya di Batam, Kepulauan Riau ini besar sekali dan perlu kita dukung percepatannya. Kehadiran pemerintah dalam hal ini memang diperlukan dan Kepulauan Riau ini sudah jadi salah satu provinsi yang proyek di sektor kemaritimannya mau kita percepat," ujar dia dalam keterangan tertulisnya, Jumat (19/3/2021).

Kemudian Menko Luhut juga melakukan peninjauan ke area labuh jangkar di Perairan Kabil dan Batu Ampar bersama seluruh jajaran menteri terkait. Peninjauan dilakukan menggunakan helikopter dan hanya melihat dari atas.

Baca Juga: Sri Mulyani: Kata Investor, Indonesia is So Mumet Bikin Pusing

"Segera kita tambahkan jasa labuh jangkar, terutama di daerah yang kita kunjungi ini. Ini kita percepat supaya itu kapal yang berlalu lalang di sekitar sini, bisa memanfaatkan jasa labuh jangkar kita. Ini juga menjadi sebuah penanda kehadiran negara di daerah ini," ungkap dia.

Menko Luhut juga memberikan arahan pada peluncuran Batam Logistic Ecosystem (BLE). Peluncuran BLE merupakan sebuah awal untuk melakukan penyederhanaan proses logistik di pelabuhan Indonesia khususnya Batam, mempersingkat waktu layanan, dan berlaku berlaku selama 24 jam per minggu.

"BLE diharapkan mampu mendorong lebih banyak investasi masuk, sehingga akan memberikan dampak yang baik untuk pertumbuhan ekonomi dan membuka lapangan pekerjaan di Batam, secara khusus dan Provinsi Kepulauan Riau pada umumnya," tandas Menko Luhut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini