Mentan: Orang Tak Bisa Tunda Kebutuhan Perut

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Selasa 23 Maret 2021 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 23 320 2382389 mentan-orang-tak-bisa-tunda-kebutuhan-perut-8au7aVeraq.jpg Mentan (Foto: Okezone)

DELISERDANG - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyebut pertanian akan menjadi fondasi utama dan penentu kesejahteraan Indonesia, sehingga kemajuan di bidang pertanian, khususnya terkait Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi suatu yang harus terus diupayakan.

Hal tersebut ditegaskan SYL saat memberikan kuliah umum kepada ratusan mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan, di Jalan Medan-Binjai, Deliserdang, Senin (22/3/2021).

"Kalian ini adalah pionir penentu kesejahteraan bangsa ini. Miskin atau tidak masyarakat ada di tangan kamu," kata Syahrul Yasin Limpo.

Baca Juga: Rencana Impor Beras, Mentan: Serap Dulu Gabah Kita 

Syahrul mengatakan, Kementerian Pertanian terus berusaha untuk meningkatkan sumber daya manusia di bidang pertanian. Polbangtan yang ada dibeberapa daerah di Indonesia menjadi wujud dari upaya itu.

"Teruslah belajar karena saat ini kita harus mampu bersaing dengan negara luar. Kita harus mampu bersaing dengan Vietnam, Malaysia, Inggris dan negara-negara Eropa," ujarnya.

Dibanding negara-negara lain, Indonesia memiliki peluang untuk menjadi yang terbaik. Kondisi geografis Indonesia sangat menguntungkan untuk menjadikan Indonesia sebagai negara sejahtera lewat pengembangan pertanian.

"Alam kita sangat mendukung agar pertanian kita menjamin bahwa kita tidak akan miskin," katanya.

"Pertanian adalah sektor yang tidak akan terpengaruh dalam keadaan apapun. Orang bisa menunda beli baju, beli sepatu, beli rumah dan liburan. Sebulan atau setahun. Tapi tak ada yang bisa menunda kebutuhan perut. Jadi kalian jangan khawatir," tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini