Bangga Buatan Indonesia, Wamendag Pamer Jam Tangan hingga Sepatu Buatan Lokal

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 23 Maret 2021 13:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 23 320 2382631 bangga-buatan-indonesia-wamendag-pamer-jam-tangan-hingga-sepatu-buatan-lokal-UqLkskVbRi.jpg Wamendag Lepas Ekspor ke Amerika Serikat. (Foto: Okezone.com/Kemendag)

JAKARTA - Kementerian Perdagangan terus menggaungkan campain bangga buatan Indonesia. Tujuannya, supaya produk dalam negeri berjaya di pasar global dan akhirnya bermanfaat bagi peningkatan ekspor.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan, dirinya berkali-kali mengajak para stafnya untuk mendukung dan bangga dengan produk Indonesia. Bahkan, dirinya memberikan contoh langsung dengan selalu memakai produk-produk milik dalam negeri.

Baca Juga: Jokowi: Jangan Beli Mesin Saja, Akuisisi Juga Teknologinya Secara Murah

“Sebagai contoh apa yang saya kenakan hari ini, batik 100% karya anak bangsa. Teman-teman memakai batik menunjukan keberpihakan,” ujarnya dalam acara Forum Strategi Pengembangan Ekspor Nasional dan Sosialisasi IA-CEPA, Selasa (23/3/2021).

Kemudian, jam tangan yang selalu dipakainya juga merupakan produk asli dalam negeri. Bahkan bahan baku kayu yang digunakan pada jam tersebut berasal dari kampung halamanya dj Sulawesi Utara.

Baca Juga: Netizen Ramaikan Produk Lokal Sambut Seruan Jokowi Benci Produk Asing

“Kedua saya pakai jam tangan. Jam tangan saya ini 100% made in Indonesia karya anak bangsa. Warnanya kuning cerah. Kayu ini berasal dari kampung halaman saya dari Sulawesi Utara dari Pulau Siau,” jelasnya.

Selanjutnya lanjut Jerry, sepatu yang digunakanya pun merupakan produksi dalam negeri. Bahkan sang pembuat sepatu mengaku senang ketika sepatu yang diproduksi itu dipakai olehnya.

“Sepatu yang saya pakai 100% made in Indonesia. Nyaman enak dipakai acara formal outdoor indoor dan sepatu ini karena saya pakai yang buat senang. Sehingga sepatu yang ini Hijau pastel ini sesuai dengan nama saya namanya Jerry. Karena ada kebanggan,” kata Jerry.

Menurut Jerry, campain bangga buatan Indonesia adalah untuk memberikan kekuatan pada produk-produk dalam negeri untuk bersaing di pasar global. Karena pada akhirnya, tujuan dari campain yang dilakukan adalah untuk meningkatkan nilai ekspor.

“Ekspor kita berjaya di tingkat global itu yang kita mau. Itu yang kita tanamkan untuk memastikan ekonomi kerakyatan wong cilik,” jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini