Dipanggil Jokowi, Teten Diminta Benahi Aturan E-commerce Bunuh UMKM

Hafid Fuad, Jurnalis · Senin 29 Maret 2021 19:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 29 320 2386122 dipanggil-jokowi-teten-diminta-benahi-aturan-e-commerce-bunuh-umkm-ilz6DCq7m7.jpg Menkop UKM Teten Masduki (Foto: Setkab)

JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, mengakui dirinya baru saja dipanggil Presiden Jokowi. Dia diminta memastikan praktik harga dumping produk impor jangan sampai membunuh UMKM.

"Kami sudah dipanggil Pak Presiden untuk segera mengatur perdagangan di market place online. Jangan sampai ada dumping yang bisa membunuh UMKM," ujar Teten dalam webinar yang digelar Indonesia Marketing Association (29/3/2021).

 Baca juga: Sri Mulyani: Pengembangan Kawasan Industri Kendal Bisa Pakai APBN

Dia mengatakan dalam waktu dua bulan bersama Menteri Perdagangan akan menyiapkan regulasi perdagangan online. Selain itu hal yang akan dilakukan menyediakan platform e-commerce skala lebih kecil di tingkat daerah.

"Kami akan sediakan platfom UMKM kecil di daerah yang lebih terbatas," katanya.

 Baca juga: Digitalisasi Jadi Penolong UMKM saat Pandemi, Pengguna QRIS Capai 6,5 Juta Merchant

Tidak hanya itu tapi juga pihaknya akan menggelar gerakan belanja UMKM setiap bulannya. Gerakan ini akan dimulai bulan April 2021. Daerah yang pertama kali dilakukan adalah Jawa Barat.

"Setiap provinsi akan dilakukan per bulan. Ini gerakan membeli produk UMKM. Awalnya bulan April di Jawa Barat," jelasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini