Share

Hari Terakhir Lapor SPT, Banyak yang Lupa EFIN

Rina Anggraeni, Jurnalis · Rabu 31 Maret 2021 11:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 31 320 2387010 hari-terakhir-lapor-spt-banyak-yang-lupa-efin-Foy6q7v1k5.jpg Pajak (Foto: Shutterstock)

 JAKARTA - Waktu pengisian Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) bagi Wajib Pajak Orang Pribadi (WP OP) berakhir hari ini. Jika telat atau tidak melapor akan dikenakan denda.

Namun hari terakhir pelaporan SPT ini banyak yang lupa pasword dan kode EFIN.

"@kring_pajak lupa efin kak, livechat sibuk terus, gimana kak? Tolong bantu mau patuh lapor spt ini," tulis akun rahmatsu seperti dikutip di Jakarta, Rabu (31/3/2021).

Baca Juga: Lupa Password EFIN saat Lapor SPT? Jangan Panik Ikuti Langkah Berikut 

Jika ingin mendapatkan akun eSPT kamu kembali. Kamu hanya cukup menghubungi akun-akun DJP yang tersebar di laman resmi mereka, Twitter, Instagram atau media lainnya dengan mengajukan permohonan layanan lupa EFIN.

"Wajib pajak dapat menyampaikan permohonan layanan lupa EFIN dengan melampirkan dokumen pendukung melalui Agen Kring Pajak, telepon/pesan Whatsapp ke nomor resmi KPP, surel resmi KPP, atau Direct Message (DM) akun media sosial KPP tempat wajib pajak terdaftar. Nomor telepon dan surel resmi setiap KPP dapat dilihat pada tautan www.pajak.go.id/unit-kerja," tulis pernyatan Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta, Rabu (31/3/2021).

Dalam melakukan pelaporan secara daring, seringkali wajib pajak bingung mengenai istilah EFIN dan Password. Tidak jarang terjadi kesalahpahaman mengenai kedua istilah ini. Meskipun mirip, keduanya memiliki perbedaan fungsi dan bisa membantu mempercepat proses pelaporan SPT.

1. EFIN

Sebelum melakukan pelaporan secara daring, wajib pajak memerlukan EFIN (Electronic Filing Identification Number). EFIN adalah nomor yang terdiri dari 10 digit dan dapat digunakan untuk melakukan pendaftaran pada situs web pajak.go.id. Nomor EFIN tidak akan berubah sehingga tidak perlu untuk memintanya kembali ketika sudah memilikinya kecuali sudah hilang.

Selain digunakan untuk melakukan pendaftaran pada situs web pajak.go.id EFIN juga dapat digunakan ketika wajib pajak lupa password pajak.go.id. Dengan adanya nomor EFIN, wajib pajak tidak perlu datang ke kantor pajak untuk merubah password. EFIN juga dapat digunakan untuk mengganti email yang terdaftar pada situs web pajak.go.id.

Solusi Lupa EFIN

Ketika ingin mengubah password, ada kalanya kendala lupa Nomor EFIN. Ada beberapa cara untuk meminta Nomor EFIN

a. Datang langsung ke KPP atau KP2KP

b. Bertanya melalui Kring Pajak 1500200

c. Bertanya melalui chat pajak di situs web pajak.go.id

d. Menghubungi nomor telepon KPP terdaftar

e. Meneliti kembali berkas-berkas yang terselip


2. Password Pajak.go.id

Berbeda dengan EFIN yang memiliki 10 digit dan tidak dapat diubah lagi. Password dibuat berdasarkan input wajib pajak yang bisa terdiri dari huruf atau angka minimal 6 digit. wajib pajak bisa memilih untuk menggunakan password yang lebih mudah diingat.

Password dibuat untuk keamanan data yang terdapat di akun pajak.go.id. Password bersifat rahasia dan hanya diketahui oleh wajib pajak itu sendiri. Selain itu, password dapat diubah sewaktu-waktu untuk meningkatkan keamanan akun.

Jika wajib pajak lupa password, wajib pajak hanya dapat mengubah password dengan menggunakan EFIN. Petugas Pajak tidak akan tahu mengenai password wajib pajak sehingga harus meminta nomor EFIN kembali.

Dengan mengetahui konsep dasar antara EFIN dan password, pelaporan bisa dilakukan lebih efektif karena mengetahui kapan harus memerlukan EFIN, bagaimana cara merubah password, dan lainnya.

Proses pelaporan menjadi lebih efektif tanpa meminta nomor EFIN kembali. Salah pengertian EFIN sebagai password juga dapat diminimalisasi sehingga tidak perlu mengubah password setiap kali pelaporan karena lupa dan menganggap EFIN sebagai password.

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, dapat disimpulkan perbedaan antara EFIN dan password sebagai berikut.

1. EFIN

a. Terdiri dari 10 digit

b. Tidak dapat diubah

c. Dapat diminta kembali jika lupa

2. Password

a. Minimal 6 digit

b. Dapat diubah melalui menu profil

c. Tidak dapat diminta dan dilihat petugas pajak

d. Dapat diubah ketika lupa password dengan menggunakan nomor EFIN

Agen Kring Pajak dapat dihubungi melalui telepon 1500200, mention ke akun Twitter @kring_pajak, surel ke informasi@pajak.go.id untuk informasi pajak, surel pengaduan@pajak.go.id untuk pengaduan, atau live chat di situs pajak www.pajak.go.id setiap hari kerja (Senin–Jumat) pukul 08.00–16.00.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini