Butuh Waktu 3-7 Hari Baca Data CVR Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 hingga Pembicaraan Pilot

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 31 Maret 2021 17:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 31 320 2387300 butuh-waktu-3-7-hari-baca-data-cvr-pesawat-sriwijaya-air-sj-182-hingga-pembicaraan-pilot-oDeTWDhusQ.jpg Pesawat Sriwijaya Air Jatuh. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kotak hitam atau blackbox berisi Cockpit Voice Recorder (CVR) milik pesawat Sriwijaya Air SJ-182 akhirnya sudah ditemukan.

Lantas apa langkah selanjutnya yang akan dilakukan?

Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono mengatakan, selanjutnya CVR akan dibawa ke laboratorium milik KNKT untuk diunduh atau dibaca. Diperkirakan proses pengunduhan akan memakan waktu 3 sampai 1 minggu.

Baca Juga: Perjalanan Panjang Penemuan CVR Sriwijaya Air SJ-182

“CVR ini akan bawa ke lab nanti proses pmebacaan 3 hari dampai 1 minggu,” ujarnya dalam acara konferensi pers, Rabu (31/3/2021).

Menurut Soerjanto, nantinya data tersebut akan dicocokan dengan kotak hitam atau black box lainya yang berisi Flight Data Recorder (FDR). Sehingga pihaknya bisa menganalisa penyebab kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ-182.

Baca Juga: CVR Sriwijaya Air SJ-182 Ditemukan, Menhub Lapor Jokowi

“Kita bikin transkrip untuk dicocokan dengan FDR apa yg ada di dalam kokpit. Sehinga kita bisa analissa data FDR,” ucapnya.

Soerjanto menambahakan, pemerintah sangat berkomitmen untuk mengungkap penyebab kecelakaan pesawat SJ-182 ini. Hal tersebut terlihat dari keseriusan pemerintah dalam melakukan investigasi.

“Dari apa yang disampaikan bahwa menujukan kami dari pemerintah serius melakukan investigasi. Untuk membuka setransparan mungkin. Jadi ini menujukan usaha dari pemerintah sangat serius agar bisa mengungkap kecelakaan ini. Indonesia tidak main-main,” jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini