Tanda-Tanda Orang Kaya Mulai Jenuh dengan Pandemi, Penumpang Pesawat Meningkat

Hafid Fuad, Jurnalis · Senin 05 April 2021 07:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 05 320 2389339 tanda-tanda-orang-kaya-mulai-jenuh-dengan-pandemi-penumpang-pesawat-meningkat-fbpBEgQDYp.jpg Penumpang Pesawat Mulai Meningkat. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - PT Angkasa Pura I mencatat trafik penumpang pesawat sebanyak 105.612 orang di 15 bandara kelolaannya pada H-1 Libur Jumat Agung pada Kamis 1 April lalu.

Angka tersebut lebih tinggi 39,8% dibanding trafik rata-rata harian pada Maret 2021 lalu yang sebesar 75.522 penumpang per hari.

Baca Juga: Bisa Tes GeNose, Menhub: Bandara Husein Sastranegara Layani 400 Orang/Hari

Menurut Pengamat Ekonomi Indef Nailul Huda, terdapat beberapa indikator perekonomian yang mulai menunjukkan tanda pemulihan ekonomi. Namun secara umum, proses pemulihan akan berjalan lambat.

Salah satu yang diperhatikannya adalah tren mobilitas masyarakat yang mulai meningkat. Bukan hanya mobilitas transportasi umum, namun di tempat rekreasi juga sudah mengalami peningkatan.

Baca Juga: Hari Ini GeNose Diterapkan di 4 Bandara, Menhub: Lakukan dengan Teliti!

Setidaknya ada dua kemungkinan, pendapatan masyarakat yang sudah membaik, atau bisa jadi segmen kelas menengah sudah jenuh dengan penanganan pandemi oleh pemerintah.

"Saya rasa alasan yang paling masuk akal adalah alasan nomor dua yaitu kelas menengah kita sudah jenuh dengan penanganan pandemi yang amburadul," kata Huda saat dihubungi MNC Portal Indonesia di Jakarta, Senin (5/4/2021).

Menurutnya, ketidakjelasan tentang libur lebaran, berwisata hingga tebang pilih acara hajatan meningkatkan eskalasi kejenuhan masyarakat kelas menengah.

"Jika ini yang menjadi alasannya, ada kemungkinan perekonomian hanya berjalan bagi kelas menengah ke atas, bukan masyarakat secara keseluruhan. Ini bisa menjadi bom waktu kesenjangan ekonomi dan sosial masyarakat," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini