Harga Gula, Minyak hingga Daging Ayam Mulai Naik Jelang Bulan Puasa

Ferdi Rantung, Jurnalis · Selasa 06 April 2021 14:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 06 320 2390233 harga-gula-minyak-hingga-daging-ayam-mulai-naik-jelang-bulan-puasa-eEYpn2n2b2.jpg Harga Pangan Mulai Naik Jelang Ramadhan. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Abdullah Mansuri mengatakan bahwa saat ini sudah terjadi ritme kenaikan harga pada beberapa komoditas pangan. Namun kenaikan yang terjadi masih dalam batas normal.

"Harga gula pasir , minyak goreng, daging, dan ayam sudah ada ritme kanaikan harga. Meski tergolong kecil dan masih normal tapi ada kenaikan," katanya kepada MNC Portal Indonesia, Selasa (6/4/2021)

Dia mamaparkan, ada beberapa komoditas pangan yang harganya menjadi naik saat Lebaran seperti gula pasir, semua jenis cabai, beras, minyak gorang, telur ayam,dan daging sapi.

Baca Juga: Begini Cara Potong Rantai Pasok Pangan agar Harga Lebih Murah

"Ini komoditas yang harus diantisippasi oleh pemerintah karena harganya selalu naik saat Lebaran," ujarnya.

Sebelumnya, ada 3 fase kenaikan harga pangan saat Ramadhan. Fase pertama saat 3 hari menjelang bulan puasa. Dalam fase ini masyarakat berbondong - bondong membeli kebutuhan pangan, baik untuk jualan atau pun memenuhi kebutuhan.

Baca Juga: 5 Teknologi Andalan yang Bantu Industri Pertanian Indonesia

"Orang berbondong - bodong untuk membeli pangan untuk jualan dan kebutuhan," ujarnya

Kemudian, fase kedua saat 5 hari menjelang Idul Fitri. Naik harga pada fase ini disebabkan oleh banyaknya pembelian dari masyarakat.

"Fase ini merupakan kenaikan tertinggi, karena masyarakat mempersiapkan stok hingga lebaran," katanya.

Ketiga, fase sesudah lebaran. Pada fase ini kebanyakan para penjual atau petani tidak menjual barang kebutuhan pangan sehingga terjadi kelangkaan. "Para petani atau pedagang biasanya libur setelah lebaran atau mudik," sebut dia

Menurutnya, ketiga fase ini yang harus diantisipasi oleh pemerintah agar tidak terjadi kenaikan harga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini