Audit BPK Jadi Alasan Pengelolaan TMII Diambil Alih Pemerintah

Dita Angga R, Jurnalis · Rabu 07 April 2021 13:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 07 320 2390814 audit-bpk-jadi-alasan-pengelolaan-tmii-diambil-alih-pemerintah-06Jp3sTNgF.jpg Taman Mini Indonesia Indah (Okezone)

JAKARTA - Pengambilalihan pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dinilai melalui proses yang tidak sebentar. Seperti diketahui pemerintah telah secara resmi mengambil-alih pengelolaan TMII dari Yayasan Harapan Kita.

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) Setya Utama mengatakan, pihaknya selalu memberikan pengarahan terkait pengelolaan yang lebih baik bagi TMII.

 Baca juga: Pengelolaan Diambil Alih Pemerintah, Begini Nasib Para Pekerja TMII

“Jadi sebenarnya sudah sejak lama kita memberikan arahan pengelolaan yang lebih baik gitu,” katanya, Rabu (7/4/2021).

Kemudian dia mengungkapkan bahwa ada proses audit dari beberapa institusi. Dimana salah satunya adalah Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

 Baca juga: Hampir 44 Tahun Dikelola YHK, Pemerintah Resmi Ambil Alih Pengelolaan TMII

“Kemudian ada tim legal audit waktu itu pernah masuk ke sana dari Fakultas Hukum UGM. Kemudian BPKP masuk untuk audit . Kemudian yang terakhir ada temuan BPK, Bulan Januari 2021 ini untuk laporan hasil pemeriksaanya 2020,” ujarnya.

Setya menyebutkan dalam rekomendasi BPK disebutkan bahwa perlu ada pengelolaan yang lebih baik di TMII oleh Kemensetneg. Hal ini mengingat TMII merupakan aset negara yang tercatat di Kemensetneg.

“Rekomendasinya adalah pengelolaan lebih baik dari Kemensetneg terhadap aset yang dimiliki oleh negara. Kami memutuskan untuk mengajukan perpres tersebut. Dan pemerintah menerbitkan perpres 19/2021 (terkait pengambilalihan pengelolaan),” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini