3,8 Juta UMKM Sudah Hijrah ke Digital

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Kamis 08 April 2021 14:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 08 320 2391423 3-8-juta-umkm-sudah-hijrah-ke-digital-0Qw8IkSOaY.jpg UMKM Beralih ke Digital. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) diperluas jangkauan usahanya melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) pada marketplace atau digital.

Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) Bima Laga mengatakan, pada Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, jumlah UMKM yang melakukan ekspansi di marketplace sudah melebihi target awal.

Baca Juga: UMKM Bisa Ambil Peluang di Tengah Covid-19, Begini Caranya

“Gerakan Bangga Buatan Indonesia itu sendiri awalnya kita mempunyai target sampai di akhir tahun itu 2 juta UMKM untuk on board di marketplace atau digital. Tetapi, pada kenyataannya itu sudah sampai 3,8 juta UMKM yang sudah on board di marketplace,” katanya dalam acara webinar Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI), Kamis (8/4/2021).

Menurutnya, hal ini terjadi tidak terlepas dari bantuan pemerintah. Di mana, pemerintah melakukan berbagai cara untuk membantu para pelaku UMKM. Di antaranya, melalui program pembelajaran yang sudah tersedia di Bank Indonesia.

Baca Juga: Menkop: QRIS Bisa Tingkatkan Ekonomi Digital RI

“Di sini adalah bukti bagaimana kita dari private sector, dari teman-teman anggota idEA, bisa berpartner dengan goverment. Di mana goal-nya sendiri sangat bagus. Jadi, banyak UMKM yang tadinya tidak mempunyai akses ke pembelajaran, sekarang untuk pembelajaran mereka bisa melihat modul yang sudah ada di Bank Indonesia,” ujar Bima.

Lanjut dia, ke depan diharapkan program pembelajaran ini akan terus berjalan dan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia masih akan berlanjut sampai tahun ini.

“Ke depannya kita melihat tantangan UMKM itu bukan hanya sekedar on board. Tetapi, tantangan UMKM itu bagaimana setelah on board dia bisa meningkatkan transaksinya, mengembangkan transaksinya, dan sampai goal yang paling final UMKM itu juga bisa ekspor,” ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini