Eksklusif: Investor UEA Minati Investasi Wisata di Indonesia

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 13 April 2021 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 13 320 2393971 investor-uea-minati-investasi-wisata-di-indonesia-UJMdbeFIgX.jpg Dubes RI untuk Persatua Emirat Arab Husin Bagis. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Duta Besar RI untuk Persatuan Emirat Arab Husin Bagis mengatakan tingginya minat investasi Uni Emirat Arab terhadap pariwisata di Indonesia. Apalagi saat pandemi melanda, dampaknya begitu besar terhadap sektor pariwisata secara global, termasuk industri pariwisata Indonesia.

"Seiring dengan mulai dapat terkendalinya penyebaran Covid-19, terus dilakukan berbagai upaya persiapan untuk secara bertahap membuka kembali pariwisata Indonesia.

Baca Juga: Polemik Taman Mini, BUMN Pariwisata Ini Belum Terima Arahan Ambil Alih

Terdapat minat tinggi dari PEA (baik Emirati ataupun kalangan ekspatriat di PEA) untuk berkunjung ke Indonesia, salah satunya Bali," ujarnya kepada Okezone, Selasa (13/4/2021).

Menurutnya, tingginya minat investasi pada sektor wisata tentu karena didukung dengan telah adanya travel bubble atau Safe Travel Corridor Arrangement antara Indonesia dan PEA yang saat ini sifatnya masih terbatas (tidak untuk pariwisata).

Baca Juga: Mudik Dilarang, Sandiaga Uno Siapkan Prokes Wisata Lokal

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan, ada beberapa alasan mengapa jalan tol layang terpanjang di Indonesia ini diberi nama jalan MBZ Sheikh Mohamed Bin Zayed. Salah satunya, UEA ikut memberikan dukungan yang cukup besar kepada lembaga sovereign wealth fund (SWF), yang bernama INA atau Indonesia Investment Authority. Diperkirakan SWF mendapat suntikan dana dari UEA sekitar Rp144 Triliun.

“Di bidang ekonomi, investasi dari UEA merupakan salah satu investasi terbesar di Indonesia baik infrastruktur maupun dukungan dalam volume yang besar SWF,” jelasnya. (fbn)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini