Menhub ke Operator Transportasi: Jaga Keselamatan meski Tertekan Covid-19

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 20 April 2021 13:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 20 320 2397747 menhub-ke-operator-transportasi-jaga-keselamatan-meski-tertekan-covid-19-3ZxWsrjyAe.jpg Budi Karya Sumadi (Okezone)

JAKARTA - Pandemi covid-19 yang terjadi hampir lebih dari satu tahun lamanya mempengaruhi berbagai macam sektor. Tak terkecuali juga sektor transportasi yang terkena imbasnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, adanya pandemi beserta pembatasan-pembatasannya membuat bisnis dari operator mengalami tekanan. Karena jumlah pergerakan masyarakat untuk keluar kota dengan transportasi umum ini dibatasi oleh pemerintah demi menghindari penyebaran virus covid-19.

 Baca juga: Industri Transportasi Makin Terpuruk, Larangan Mudik Dinilai Tidak Perlu

“Covid memang membuat kehidupan ini berubah. Tapi covid-19 memang membuat sendi kehidupan ini berubah, tapi justru jadi tantangan bagi kita,” ujarnya dalam acara Webinar Sinergi Pemerintah dan Operator dalam Mewujudkan Angkutan yang Berkeselamatan, Selasa (20/4/2021).

Meskipun begitu lanjut Menhub, keselamatan penumpang harus menjadi yang utama. Meskipun dirinya menyadari jika secara ekonomi para pengusaha transportasi mengalami tekanan.

 Baca juga: Operator Transportasi Butuh Pembebasan PNBP Biar Survive dari Covid-19

“Tentu operator secara ekonomi tertekan, nah bagaimana dalam keadaan seperti itu keselamatan itu tetap dijalankan,” ucapnya.

Sementara itu, pemerintah juga akan memikirkan kebijakan apa yang cocok untuk peningkatan keselamatan. Sehinggq diharapkan angkutan logistik bisa lebih baik lagi dan angkutan orang juga bisa lebih nyaman.

“Memang ada beberpa pertanyaan yang perlu dijawab, bagaimana peran pemerintah pusat dan daerah meningkatkan upaya peningkatan keselamatan,” kata Budi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini