Hari Kartini, Sri Mulyani: Dari Kartini ke Ibu Kami dan Generasi ke Depan

Rina Anggraeni, Jurnalis · Rabu 21 April 2021 09:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 21 320 2398198 hari-kartini-sri-mulyani-dari-kartini-ke-ibu-kami-dan-generasi-ke-depan-MisG8wvrjG.jpg Sri Mulyani soal Hari Kartini. (Foto: Okezone.com/Instagram Sri Mulyani)

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani memaknai Hari Kartini dengan penuh arti. Dia meminta perempuan bisa membebaskan diri beban berat yang diletakkan pada bahu oleh adat lama turun temurun.

"Tolonglah kami untuk menaikkan derajatnya, untuk menjadikan Perempuan dan Ibu sejati agar lebih siap menjalankan kewajiban yang besar. Kewajiban yang ditetapkan oleh ibu dalam sendiri kepada perempuan yaitu, pendidik pertama umat manusia," kata Sri Mulyani dalam akun instagram di Jakarta, Rabu (21/4/2021).

Baca Juga: Makna Hari Kartini bagi Para Menteri Ekonomi Indonesia Maju

Menurutnya, bukan tanpa alasan orang mengatakan kebaikan dan kejahatan diminum anak bersama air susu ibu. Sebab seyakin-yakinnya, bahwa pekerjaan yang mendatangkan banyak berkah itu tidak akan dapat maju dengan pesat, selama perempuan Jawa tidak mengambil bagian dalam pekerjaan peradaban, dalam Pendidikan bangsanya, betapa pun banyaknya orang-orang kulit yang berbudi luhur mencurahkan segala kasih sayang dan tenaganya terhadap pekerjaan itu.

"Dari Kartini ke Ibu kami dan ke generasi kini dan ke depan," bebernya.

Baca Juga: Tips Investasi untuk Kartini-Kartini Zaman Now

Dia menambahkan perjuangan dan pemikiran RA Kartini, membuka kesempatan bagi perempuan. Sehingga perempuan dapat ambil bagian dalam membangun peradaban, dalam pendidikan anak-anaknya dan ikut memajukan bangsanya.

"Generasi Ibu , perempuan generasi dan perempuan generasi yang akan datang untuk dapat menikmati pendidikan hingga jenjang tertinggi. Selamat menjaga dan memelihara semangat juang Kartini, untuk Indonesia yang beradab, bermartabat, berpendidikan, adil dan makmur," imbuhnya

Bahkan seratus tahun lebih sebelum Millenium Development Goals (MDG) dan Sustainable Development Goals (SDG) dideklarasikan.

"Kartini telah memperjuangkan. Surat Kartini kepada N.v.Z. dimuat dalam Kolonial Weekblad (Mingguan Kolonial) tertanggal 25 Desember 1902.Harapan kami : tolonglah, bantulah kami agar usaha kami berguna bagi bangsa kami dan terutama bagi kaum perempuan bangsa itu," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini