Gratis Ongkir Harbolnas Dimulai H-10 Lebaran, Mendag Siapkan Mekanismenya

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 27 April 2021 16:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 27 320 2401630 gratis-ongkir-harbolnas-dimulai-h-10-lebaran-mendag-siapkan-mekanismenya-YDoDaNnhJZ.jpg Gratis Ongkis Harbolnas Lebaran. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Perdagangan sedang membahas wacana pemberian gratis ongkos kirim pada Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) Ramadhan. Pembahasan tersebut termasuk dalam pemberian gratis subsidi ongkos kirim (ongkir).

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan, rancangan tersebut ditargetkan bisa rampung segera. Sehingga Harbolnas dengan menawarkan gratis ongkos kirim ini bisa dilakukan sejak H-10 sampai dengan H-6 lebaran.

“Gratis ongkir itu kan akan ditanggung dan diberikan pada H-10 sampai H-6. Mekanismenya gimana kita cari,” ujarnya kepada media, Selasa (27/4/2021).

Baca Juga: Pemerintah Siapkan Rp500 Miliar untuk Subsidi Ongkir di Harbolnas Lebaran

Pemberian gratis ongkos kirim ini dalam rangka mendorong masyarakat untuk belanja tanpa harus pergi ke mana mana. Apalagi momenya mendekati lebaran di mana masyarakat biasanha berburu pakaian dan kebutuhan untuk lebaran.

Dengan adanya diskon gratis ongkos kirim ini juga diharapkan bisa mendongkrak konsumsi. Sehingga ini juga bisa berdampak pada perekonomian yang ikut terkerek naik.

“Harbolnas itu supaya tidak berjalan ke mana-mana atur dengan asosiasi untuk memberikan gratis ongkir,” ucapnya.

Baca Juga: Harbolnas 12.12, The F Thing Hadirkan Pesta Diskon Produk Branded '12.12 Online Shopping Madness'

Dalam promo gratis ongkos kirim ini nantinya hanya dikhususkan untuk produk lokal. Hal ini juga untuk mendukung program dan campain pemerintah tentang bangga dan cintai produk Indonesia.

“Kita siapkan negosiasi, H-10. Nanti produk lokal,” ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp500 miliar dalam bentuk subsidi ongkos kirim. Dalam Harbolnas ini nantinya produk yang diutamakan adalah produk-produk dalam negeri.

Subsidi ongkos kirim yang diberikan pemerintah untuk program Harbolnas Ramadan yang digelar H-10 hingga H-6 Hari Raya Idul Fitri ini adalah salah satu cara pemerintah untuk membuka pasar UMKM lebih luas.

Dalam Harbolnas Ramadan tersebut platform e-commerce diberikan insentif biaya pengiriman untuk produk UMKM lokal. Ini akan menjadi daya tarik masyarakat untuk berbelanja.

“Pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp500 miliar dalam bentuk subsidi ongkos kirim dan produk yang diutamakan adalah produk-produk dalam negeri,” jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini