Share

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Diblokir Warga, Begini Penjelasan Waskita Karya

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 27 April 2021 18:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 27 320 2401754 jalan-tol-cimanggis-cibitung-diblokir-warga-begini-penjelasan-waskita-karya-7JwOUTpTJN.jpg Tol Cimanggis-Cibitung. (Foto: Okezone.com/PUPR)

JAKARTA - PT Waskita Karya (Persero) buka suara terkait aksi pemblokiran jalan di Tol Cimanggis-Cibitung kemarin malam. Aksi ini berkaitan dengan ganti rugi lahan yang tak juga kunjung selesai.

Corporate Secretary Waskita Toll Road (WTR) Alex Siwu mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima permasalahan pembebasan lahan dan ganti rugi sudah selesai lewat pengadilan. Bahkan, Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Negara (ATR/BPN) juga sudah menindaklanjutinya.

"Sepengetahuan kami urusan lahan sudah diselesaikan melalui pengadilan. Prosesnya juga terus ditindak lanjuti oleh BPN," ujarnya saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Selasa (27/4/2021).

Baca Juga: Tak Mau Rugi Lagi, Waskita Karya Sehatkan Cashflow Perusahaan

Jika melihat kondisi tersebut, dirinya menyerahkan permasalahan tersebut kepada pihak berwenang. Sehingga permasalahan dengan pemilik lahan tersebut itu bisa segera selesai.

"Dengan kondisi seperti ini kami menyerahkan seluruhnya kepada aparat dan pihak yang berwenang untuk penyelesaiannya dan berharap proses dengan pemilik lahan segera selesai," jelasnya.

Alex menjelaskan, posisi dari Waskita Toll Road pada jalan tol tersebut hanya sebagai investor atau pemegang saham sebagai pemegang konsesi dari ruas tol Cimanggis-Cibitung. Sementara lahan pada ruas tol tersebut merupakan milik pemerintah.

Baca Juga: Waskita Jual Tol Medan-Kualanamu, Ini Sikap Kementerian BUMN

"Dari sisi kami dalam hal ini Waskita Toll Road selaku pemegang saham di ruas tol Cimanggis Cibitung, kami adalah investor yang memiliki konsesinya, sementara untuk lahan ruas tol tersebut adalah milik pemerintah," jelasnya.

Sebagai informasi, ratusan warga yang diduga menjadi korban gusuran dari pembangunan jalan Tol Cimanggis - Cibitung melakukan aksi pemblokiran jalan pada Senin (26/4/2021), malam .

Dikutip dari akun Instagram tedysuteja, ratusan massa yang memblokir jalan itu nampak membawa beberapa spanduk untuk menyuarakan aspirasinya karena rumahnya terdampak oleh pembangunan jalan tol Cimanggis - Cibitung.

"Ratusan warga korban gusuran tol Cimanggis-cibitung kota bekasi senin sore hingga malam masih aksi demo dan blokir ruas jalan tol Cimanggis-Cibitung," tulis dia.

Warga yang melakukan pemblokiran tidak hanya laki-laki tapi juga diikuti oleh para wanita bahkan emak-emak. Terlihat juga ada beberapa aparat kepolisian yang terjun langsung untuk menenangkan warga yang sedari sore telah memblokir jalan tol tersebut.

Pihak kepolisian yang ada di lokasi nampak meminta warga untuk membubarkan diri dan tidak lagi melakukan pemblokiran jalan tol Cimanggis- Cibitung.

"Sampai kapan pak mau begini terus," kata salah satu emak-emak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini